Cara Memperkuat Sinyal Android

by Siti Eka Kurniati on December 25, 2015

Mungkin pernah terjadi suatu hal saat ponsel kamu mendownload file yang besar dan tidak menggunakan Wifi. Saat proses hampir selesai kamu akan sedikit was-was. Ternyata perasaan kamu benar, download kamu terhenti, dan bisa saja terhenti agak lama hingga menyebabkan kegagalan.

Biasanya yang kamu lakukan saat sinyal menghilang adalah mencari tempat yang terbuka atau berpindah ke tempat yang lebih tinggi. Karena memang benar, sinyal tidak akan bisa menembus struktur yang terlalu tebal apalagi kalau itu gedung bertingkat seperti di Mall besar. Biasanya pengguna ponsel di lantai basement akan kesulitan mendapatkan sinyal. Dan mereka pun hanya bergantung dari Wifi apabila disediakan. Bukan untuk sinyal internet, bahkan sinyal GSM pun hanya sedikit sekali.

Ponsel Android kamu pun akan terasa sangat lambat apabila hanya mendapat sinyal EDGE atau GPRS saja. Untuk memperkuat sinyal kamu bisa membeli stiker penguat sinyal yang dijual di konter terdekat. Stiker tersebut terbuat dari logam yang sangat tipis ditempel pada bagian belakang baterai. Pencarian sinyal akan sedikit terbantu karena radiasi elektromagnetik dari sinyal tersebut akan di pusatkan oleh logam dan diteruskan menuju Provider.

Apabila kamu masih belum puas, maka saya punya rekomendasi untuk kamu untuk cara memperkuat sinyal android sebagai berikut :

  1. Nyalakan ponsel kamu dan masuk ke Home
  2. Pilih menu Panggilan dan ketik *#*#4636#*#*
  3. Masuk ke menu Informasi Telepon
  4. Pilih WCDMA Only

Jika hal itu masih tidak begitu berpengaruh, jangan kecewa. Saya punya alternatif lain yang layak kamu coba. Kali ini dengan cara lebih simpel, namun pastikan sinyal kamu sudah kuat untuk beberapa saat karena kamu akan mendownload aplikasi  dari PlayStore.

Aplikasi tersebut bernama HSPA+ (3G Booster).  Jika sinyal kamu hanya berjalan pada 2G atau kurang dari itu maka cobalah aplikasi ini. Bisa di download di https://goo.gl/MUA5Zw . Setelah itu kamu hanya tinggal menginstal saja dan ikuti petunjuk yang akan terlihat pada layar ponsel kamu.

Namun, sebanyak apapun fasilitas pendukung ponsel kamu apabila sinyal dari Server atau pengirim sinyal dari ponsel kamu tidak baik maka cara tersebut tidak akan terlalu efektif. Selamat mencoba.

Comments on this entry are closed.