Cara Menambah dan Menghapus Akun Google di Android

by aries on August 14, 2016

Ketika kita membeli smartphone Android, baik beli new berarti kita akan menambahkan akun Google yang kita miliki, atau beli second berarti kita akan menambahkan atau menghapus akun Google dari pemilik smartphone sebelumnya kalau memang dia belum menghapus akun Google pada Android tersebut.

Banyak sekali cara menambah dan menghapus akun Google di Android. Untuk mempermudah kita mulai dulu dari;

Cara menambah akun Google di Android

Cara Pertama

  1. Yang pertama tentu kita harus mempunyai email dari Google. Kalau belum punya Anda bisa bikin dulu. Bikin akun Google bisa lewat browser di PC. Selengkapnya baca cara membuat email. Atau Anda bisa langsung bikin akun Google di Android.
  2. Setelah kita punya email dari Google, langkah selanjutnya adalah pilih PlayStrore atau aplikasi lain yang mengharuskan login dengan akun Google.
  3. Dalam hal ini, saya memilih PlayStore.
  4. Setelah membuka  PlayStore, pilih Existing jika kita sudah punya email dari Google (punya email jenis gmail, contoh mr.xxx@gmail.com) atau pilih New jika kita belum punya akun Google.
  5. Masukkan email yang Anda punya sekaligus passwordnya
  6. Klik Done, lalu klik Ok pada kotak dialog yang ditampilkan dan tunggu prosesnya
  7. Setelah selesai, centang pada bagian “Add credit or debit card” lalu pilih Continue. Ini kalau memang Anda punya kartu kredit dan berniat ingin menambahkannya untuk membeli aplikasi-aplikas berbayar di PlayStore. Atau pilih NO Thanks kalau Anda tidak punya kartu kredit.
  8. Selanjutkanya klik Next (tanda anak panah) lalu pilih Accept pada kotak dialog yang ditampilkan

Cara Kedua

Selain dengan cara diatas, untuk menambahkan akun Google juga bisa dengan cara berikut ini;

  1. Pilih Setting – Pada bagian Personal, pilih Add accountGoogle.
  2. Pilih Existing, lalu lakukan langkah yang sama seperti diatas mulai pada No. 6.

Cara Menghapus akun Google di Android

Ada dua cara untuk menghapus akun Google, yakni dengan atau tanpa factory reset (hard reset)

Menghapus akun Google tanpa factory reset

  1. SettingAccountGoogle
  2. Pilih email atau akun Google yang akan dihapus.
  3. Setelah itu, pilih tanda titik tiga yang ada di atas bagian kanan (jika tidak ada, pilih tombol sebelah kiri dari tombol home)
  4. Kemudian pilih Remove Account, pada kotak dialog yang ditampilkan pilih Remove Account.

Menghapus akun Google dengan factory reset

Sebenarnya metode ini tidak hanya sekedar menghapus akun Google, namun menghapus semua data user yang ada pada memori internal smartphone Android. Sangat disarankan untuk melakukan hard reset atau factory reset jika kita membeli smartphone second. Sedangkan cara Hard reset atau factory reset bisa Anda baca pada artikel perbedaan hard reset dengan factory reset.

WARNING..!

Namun, yang perlu dicatat smartphone keluaran terbaru dengan OS Lollipop biasanya ada FRP-nya. Dimana dengan FRP ini kita harus memasukkan akun Google (gmail) yang dulu pernah ditambahkan pada Android tersebut. Supaya lebih jelas, mengenai FRP atau Factory Reset Protection akan saya bahas secara khusus. Jadi jangan kemana-mana, tetap stay di alltutorial.net

akhyar November 23, 2016 at 1:40 pm

aplikasi untuk ngehapus frp nya pake apa ??????????

aries November 25, 2016 at 2:09 pm

banyak car gan, file juga beda-beda tergantung merek HP. namun secara umum bisa pakai file bypass.apk. Untuk chipset MTK bisa ikuti panduan di http://alltutorial.net/cara-menghilangkan-akun-google-remove-frp-advan-i5/

Comments on this entry are closed.