Cara Menambah Gambar Cover Pada Lagu

by Siti Eka Kurniati on July 30, 2015

Pernah nggak sih kamu perhatiin pas kamu muter lagu di windowns media player atau player music lainnya terkadang ada gambar cover yang di tampilkan seperti pada gambar di bawah ini.

Menambah Gambar Cover Pada Lagu

Kadang gambar cover yang ditampilkan pada player lagu kita suka tidak sesuai dengan isi lagu (band / penyanyi/ gambar album) aslinya, atau malah kadang gambarnya foto yang nggak ada hubunganya sama lagu tersebut. Sebenarnya kamu bisa mengganti gambar cover pada lagu mp3 tersebut dengan gambar yang kamu inginkan. Di bawah nanti akan kami bagikan tutorialnya.

Sebelum kami membeberkan langkah-langkah cara mengganti / merubah / menambah gambar cover album pada file lagu mp3 mu, kamu harus punya aplikasi mp3tag terlebih dulu. Jika kamu belum punya aplikasi tersebut, kamu bisa mendownloadnya di http://bit.ly/1hc3lsM

Aplikasi mp3tag ini bukan hanya bisa mengganti cover lagu tapi juga bisa mengganti atau menambah nama album, nama artist, genre serta yang lainnya. Bahkan kamu bisa menyisipkan lirik lagu pada file lagu mp3 mu.

Setelah kamu download aplikasi mp3tag, kamu bisa langsung menginstallnya lalu menjalankan software tersebut. Berikut adalah langkah-langkah cara menambah gambar cover pada lagu :

  • Buka aplikasi mp3tag
  • Klik tool change directory pada task bar bagian kanan atas lalu cari lokasi dimana file lagu mp3 yang akan kamu ubah
  • Setelah menemukan direktori / foldernya, klik select folder
  • Akan muncul daftar lagu yang ada pada foldr yang telah kamu buka. Klik pada salah satu lagu yang ingin kamu ganti cover albumnya.
  • Klik kanan pada lagu tersebut lalu pilih Extended Tags
  • Akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Pada field Meta data, klik bagian paling atas yaitu ALBUM, di bagian kanan, klik tanda silang merah untuk menghapus gambar cover yang lama (jika ada) lalu klik Add Cover (gambar kertas dengan bintang) untuk menambah cover gambar.
  • Cari gambar yang akan kamu masukkan ke dalam lagu kemudian klik OK jika sudah ketemu.
  • Klik OK maka otomatis kamu sudah menambahkan / mengganti gambar cover album pada file lagu mp3 mu.
  • Kamu bisa mengecek hasilnya dengan memutar di media player yang kamu punya.

Kalau kamu punya rekaman suaramu sendiri, software ini bisa jadi sangat bermanfaat buatmu untuk menambahkan foto pada rekaman suaramu juga atribut lain seperti genre kamu dan nama kamu sebagai artisnya.

Comments on this entry are closed.