Cara Menambah Lirik Pada Lagu Mp3

by Siti Eka Kurniati on July 31, 2015

Setelah sebelumnya kami membagikan tips bagaimana cara menambah / mengganti cover pada lagu mp3, kali ini dengan aplikasi yang sama kamu bisa menambahkan lirik pada lagu mp3 mu. Kalau kalian ketemu atau denger lagu kesukaan kalian pasti deh pengen ikut nyanyi-nyanyi lip-sinc. Tapi pas awal-awal mungkin kamu belum hapal sama lirik lagu tersebut dan tiap denger lagu itu dan ingin menghapalnya kalian googling dulu liriknya. Tapi kalau tiap mau denger lagu itu terus harus browsing dulu liriknya repot dong, iya kalau perangkatmu terkoneksi dengan internet. Kalaupun kamu nyimpan lirik tersebut, pastinya harus buka dulu file lirik saat mau menghapalnya, nah kalau lagunya banyak dan tidak berurutan? Repot juga..

Cara Menambah Lirik Pada Lagu Mp3

Biar nggakk repot buka tutup browser atau file lirik, kamu perlu tau software yang satu ini. Software mp3tag bisa memunculkan lirik lagu pada saat lagu tersebut di putar, kayak lagu di atas contohnya. Saat lagu di putar di media player, lirik akan secara otomatis muncul pada player. Kita bisa langsung nyanyi-nyanyi deh tanpa perlu repot googling lirik atau buka file liriknya.

Kalau kamu belum punya aplikasi mp3tag, unduh dulu sob softwarenya, kamu bisa mengunduhnya dari situs http://bit.ly/1hc3lsM

Selain menambah lirik aplikasi ini juga bisa menambah serta mengganti jeroan dari sebuah lagu mp3 seperti genre, artist nya, menambah atau mengganti gambar cover seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dan masih banyak lagi.

Oke, jika kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi mp3tag, sekarang saatnya menjalankan step-step di bawah ini

  • Jalankan aplikasi mp3tag
  • Klik menu File lalu pilih Change directory
  • Browse folder dimana kamu meletakkan file mp3 yang akan kamu tambahkan liriknya. Setelah ketemu, klik tombol Select Folder.
  • Klik kanan pada file mp3 yang akan kamu tambahkan lirik lagu kemudian pilih extended tags
  • Klik tanda kertas dengan gambar bintang kecil di bagian kiri untuk menambahkan field di kolom Meta data
  • Ketikkan UNSYNCEDLYRICS pada kolom Field lalu paste lirik lagu pada kolom Value kemudian klik OK.
  • Di kotak dialog tags akan muncul field baru bernama UNSYNCEDLYRICS yang baru saja kita buat, klik OK makan tags akan tersimpan.
  • Untuk mengetahui kamu berhasil atau tidak kamu tinggal putar lagumu di media player yang kamu punya. Disini kami menggunakan windows media player. Jika kamu juga menggunakan player media yang satu ini, ada baiknya kita menyetel dulu windows media player dengan pengaturan seperti pada gambar di bawah ini. Klik kanan pada layar windows media player, sorot Lyric, captions, and subtitles lalu pilih On if available.
  • Putar lagumu dan nikmati lirik lagu pada media playermu. Guakan scroller untuk mengeser lirik lagu ke atas dan ke bawah.
Ananda Delphianto S November 28, 2015 at 1:02 pm

Thanks, Sangat Membantu 🙂

Comments on this entry are closed.