Cara menambahkan bahasa Arab di OS Blackberry

by aries on December 6, 2014

Buat kamu yang kurang familiar dengan OS Blackberry mungkin akan sedikit bingung mengenai cara menambahkan atau install bahasa arab di OS BB tersebut. Proses instalasi bahasa arab pada Blackberry memang sedikit ribet, banyak sekali ‘peralatan tempur’ yang dibutuhkan. Lebih mudah install bahasa arab di Windows 7 ataupun Windows XP. Karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun.

Sebelum melakukan instalasi bahasa arab pada OS BB, hal yang harus kamu lakukan adalah;

  1. Download driver OS BB atau biasa disebut Blackberry Desktop Software agar komputer mampu mengenali device BB kamu. Drivernya bisa kamu download dari situs http://blck.by/1JD07Js
  2. Download pula BBSK yang berfungsi untuk install bahasa arab pada BB. Bisa kamu download dari situs http://bit.ly/1WZ6pci
  3. download bahasa arab dari situs http://bit.ly/1NFu8Lk

Setelah semua beres, berikut langkah-langkah install bahasa arab pada OS Blackberry;

  1. Install Blackberry Desktop Software yang sudah didownload tadi. Lalu hubungkan kabel usb BB ke komputer kamu. Tunggu sampai komputer mengenali device BB-nya.
  2. Extract bahasa arab dan letakkan pada satu folder.
  3. Install BBSK dan tunggu prosesnya. Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Masukkan password device BB kamu. Password standar adalah 12345.
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih modify CODs. Lalu klik Install COD(s)
  5. pilih semua file COD dari bahasa arab yang sudah di extract tadi. Caranya: tekan Ctrl+A kemudian klik open.
  6. Install bahasa arab di BB akan sukses jika muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.
  7. Kemudian device BB akan restart dengan sendirinya.
  8. sebelum melakukan langkah No. 5, ada baiknya backup dulu aplikasi BB nya untuk mengantisipasi jika terjadi eror saat proses intalasi bahasa arabnya.
  9. untuk memastikan bahasa arab sudah terintal di BB, buka menu BB, pilih Opsi (setting) > pilih Pengetikan dan Bahasa > Bahasa > lalu gulir ke bawah, maka di sana akan ada bahasa arab.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara menambahkan bahasa arab di OS Blackberry, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.