Cara Menambahkan Bahasa Arab di Windows 7

by aries on June 14, 2014

Bagi pemula mungkin sangat membingungkan ketika akan mengetikkan huruf arab di Microsoft Word, ataupun belajar mendesain teks arab di Corel draw. Harus dimulai darimana atau dengan apa, kok setiap mengetik huruf yang keluar adalah ABCD, bukan  ا ب ت ث

Mungkin mereka bertanya-tanya, ada apa dengan MS Word atau Corel draw nya kok tidak bisa digunakan mengetik bahasa arab. Perlu diketahui, sebenarnya yang terjadi bukanlah pada MS Word atau Corelnya. Namun, permasalahan tidak bisa buat ngetik arab tersebut karena setingan pada Windowsnya. Lalu bagaimana caranya?

 Cara Menambahkan Bahasa Arab di Windows 7

Caranya adalah install atau tambahkan bahasa arab tersebut ke Windows. Untuk pengguna Windows XP, silakan baca tutorialnya pada artikel cara install bahasa arab di Windows XP. Sedangkan untuk pengguna Windows Seven, silahkan simak cara menambahkan bahasa arab di Windows 7 berikut ini;

  1. Sedikit beda dengan Windows XP, saat kamu selesai install Windows 7 sebenarnya di sana sudah ada bahasa arabnya. Jadi, kita tinggal setting saja.
  2. klik tombol start atau klik explorer kemudian pilih control panel.
  3. pada kotak dialog yang ditampilkan pilih, Clock, regional and language. Pada kotak dialog baru, pilih Regional and language.
  4. Pilih tabulasi pada Keybord & language, kemudian klik change keyboard.
  5. pada text services and input languages, klik Add. Setelah itu, cari Arabic (Saudi Arabia)keyboard – checklist pada Arabic (101) lalu klik Ok.
  6. dengan demikian akan muncul toolbar di bagian bawah sebelah kanan.
  7. cara seperti ini juga bisa digunakan untuk menambahkan bahasa lain sesuai kebutuhan.
  8. buka corel atau MS wordnya, maka sekarang kita sudah bisa mengetik dengan huruf arab, namun pastikan yang dipilih atau di checklist pada toolbar tersebut adalah Arabic (Saudi Arabia) nya.
  9. jika dengan cara seperti ini, bahasa yang ditambahkan tidak muncul, silakan hubungi saya di halaman kontak atau isi komentar di form yang telah kami sediakan.

Untuk mempermudah tentang cara menambahkan bahasa arab di Windows 7, berikut ini saya sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Jika keyboard pada laptop atau komputer kamu tidak ada tulisan huruf arabnya. Untuk mempermudah pengetikan, kamu bisa menggunakan bantuan screen keybord (lihat gambar paling atas). Caranya buka All program – Accessories – Ease of Access – On-Screen keyboard. Setelah itu, pilih Arabic di toolbar (lihat gambar No. 10)

Comments on this entry are closed.