Cara Menambahkan Kontak Di Home Screen Android

by Ummy Tsabit on May 19, 2016

Jika kamu memiliki seseorang yang sangat spesial entah itu pasangan, kekasih, orang tua, anak, atau teman dekat yang sering kamu hubungi setiap hari, maka kini ada cara praktis untuk bisa menghubunginya langsung dari layar utama ponselmu tanpa harus mencari nomernya di daftar kontak.

widget direct 1x1

Widget Android 1×1 adalah tool yang powerful dan sangat praktis untuk digunakan, yang bisa membantumu untuk bisa memulai tindakan spesifik dengan sangat cepat. Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk menambahkan nomer kontak ke layar home screen ponselmu. Di sini Android akan memberimu tiga pilihan : sebuah widget yang bisa memunculkan nama kontak individu, sebuah widget untuk melakukan panggilan langsung (direct dial), atau widget untuk bisa langsung SMS.

Untuk bisa mengatur fitur bermanfaat ini, caranya pun cukup mudah yakni :

  • Tekan dan tahan home screen hingga muncul tiga opsi di bagian bawah layar, yakni Wallpapers, Widgets, dan Setting. Lalu pilih ‘Widgets’.
  • Selanjutnya, pilih salah satu dari tiga pilihan yang ada : Contact 1×1, Direct Dial 1×1, atau Direct Message 1×1. Dan tentukan nomer kontak mana yang akan kamu taruh di layar utama (home screen).
  • Widget Contact 1×1, akan memunculkan detil kartu kontak seseorang (seperti nama, alamat, email, dan nomer telepon). Sedangkan widget Direct dial 1×1 akan memunculkan tombol panggilan telepon, sementara Direct Message 1×1 akan memunculkan layar untuk pesan SMS.
  • Ketika kamu meletakkan widget direct dial di home screen, kamu harus memilih nomer telepon mana yang akan langsung mulai di hubungi oleh dialer, jika kamu memiliki beberapa nomer untuk nama kontak tersebut (satu nama memiliki beberapa nomer telepon).
  • Untuk direct message, maka Android akan secara otomatis menampilkan layar untuk memulai SMS dengan tampilan aplikasi SMS yang kamu gunakan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Fitur ini akan sangat berguna jika kamu memiliki anggota keluarga, teman atau rekan bisnis yang secara rutin akan kamu hubungi tanpa harus repot-repot mencarinya  di daftar kontak atau aplikasi SMS.

Yang perlu dicatat adalah, cara pengaturan yang pasti mungkin akan berbeda-beda di antarmuka ponselmu, namun pada dasarnya tiga opsi ini seharusnya ada di sebagian besar ponsel Android.

Zughe May 20, 2016 at 10:54 am

gan kalo advan s50c bisa flash online gak? hh ane bootloop nih di recovery mode gk bisa masuk,

aries July 24, 2016 at 4:49 pm

bisa gan, langsung hubungi admin via halaman kontak

Comments on this entry are closed.