Cara Menambahkan Teks Tulisan Pada Gambar atau Foto

by aries on November 2, 2013

Agar artikel tentang cara menambahkan teks/ tulisan pada foto atau gambar ini tidak meluas, saya akan membatasi pembahasan ini pada dua poin. Yang pertama, menambahkan tulisan atau teks pada gambar sebuah produk, biasanya tulisan yang ditambahkan tersebut berupa identitas dari sebuah perusahaan dan tipe dari tulisannya berefek transparan. Berikut langkah-langkahnya;

Cara Menambahkan Teks Tulisan Pada Gambar atau Foto

  1. Buka coreldraw 11, 12, X3, X4, atau X5 sesuai selera, namun saya anjurkan pakai coreldraw 11, supaya lebih mudah dalam mengikuti pembahasan ini.
  2. Klik FileImport dan pilih gambarnya lalu klik Import. Seperti terlihat gambar di bawah ini
  1. Setelah gambar terdapat pada lembar kerja coreldraw, pilih ikon berbentuk huruf “A” yang berada di sisi bagian kiri untuk mengetikkan tulisan, seperti terlihat gambar di bawah ini
  1. Sesuaikan besar tulisan tersebut dengan gambarnya, artinya lebih kecil, tapi tidak terlalu kecil, kira-kira terlihat pantas dan menarik dipandang. Caranya; aktifkan tulisan lalu drag ke arah dalam sambil ditekan tombol Shift.
  2. Letakkan tulisan tersebut di posisi center pada gambar tersebut, artinya tepat berada di tengah-tengah gambar. Caranya; aktifkan atau klik tulisan, sambil tekan Shift klik gambar. Setelah itu, tekan tombol ‘C’ dan ‘E’ pada keyboard, secara otomatis tulisan akan berada tepat di tengah-tengah gambar.
  3. Biasanya, tulisan ini berupa teks yang transparan. Caranya; aktifkan tulisannya, pilih Interactive Transparency Tool atau ikon berupa gambar gelas, lalu klik tulisannya, maka di bagian atas, tepatnya di bawah menu File akan terdapat Type Transparency = none, ganti none ini menjad uniform, seperti gambar di bawah ini
  1. Geser ke kanan atau ke kiri pada Starting Transparency untuk mengurangi atau menambahkan efek dari tranparan tulisan tersebut. Seperti gambar di bawah ini;

Untuk poin yang kedua, yakni menambahkan tulisan atau teks pada sebuah foto, sebenarnya, caranya sama saja dengan poin yang pertama, hanya saja tulisan untuk poin ini tidak diberi efek transparan. Satu lagi yang terpenting, tulisan yang terdapat dalam foto ini biasanya mewakili dari apa yang terdapat dari foto tersebut, artinya visual foto tesebut menyampaikan ‘pesan’ lewat bentuk tulisan.

Sebagai contoh, saya akan menambahkan tulisan atau teks pada foto seorang wanita berhijab yang sedang memegang sebuah gitar. Maka, menurut saya, tulisan yang cocok dan menarik adalah “sing a song with your heart”. Ini bisa di maknai, seorang wanita tersebut seolah-olah mengingatkan kita betapa pentingnya menyanyi pakai hati, tidak asal di mulut saja, kalau istilah dari para juri ‘menyanyi itu harus bisa menjiwai’.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara menambahkan tulisan atau teks, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

armada December 8, 2014 at 2:11 pm

Terima kasih tutorialnya

Comments on this entry are closed.