Cara Menampilkan Persentase Baterai Android Di Menu Bar

by Ummy Tsabit on January 30, 2016

Jika kamu termasuk salah seorang pengguna aktif dari ponsel Android dan bisa dikatakan selalu menggunakan ponsel dari waktu ke waktu, tentu sangatlah penting untuk selalu mengawasi terhadap penggunaan daya baterai. Sayangnya, Android tidak menampilkan berapa banyak daya baterai yang masih tersisa sebenarnya dalam bentuk persen, hanya berupa ikon baterai saja. Padahal, tentu akan sangat berguna jika kita bisa mengetahui berapa persen sebenarnya daya baterai yang masih tersisa agar kita bisa ancang-ancang untuk melakukan pengisian daya. Untuk itu, kali ini akan kami ulas tentang bagaimana cara menampilkan presentase baterai di menu bar pada artikel berikut ini ;

Cara menampilkan persentase baterai HP Android

Sebenarnya, kamu selalu dapat melihat persentase baterai ponselmu dengan cara menyeret ke bawah pada bar notifikasi sebanyak dua kali, tapi itu tidak bisa memberikan monitoring “sekilas” secara persis dan riebt karena kita harus bolak-balik menyeret laci notifikasi untuk mengetahui sisa baterai yang sebenarnya. Kamu dapat mengaktifkan selalu persentase baterai di Android 6.0 Marshmallow dengan pengaturan yang agak tersembunyi, dan dalam versi 4.4 KitKat dan 5.0 Lollipop dengan pengaturan yang sangat sangat tersembunyi.

Cara menampilkan Persentase bateria di Android Marshmallow

Untuk menyalakan fitur ini di Android Marshmallow, kamu perlu untuk mengaktifkan terlebih dulu “System UI Tuner” Marshmallow yang akan memberimu akses ke beberapa pengaturan yang tersembunyi.

Caranya, tarik ke bawah bar notifikasi, lalu temukan menu ‘Quick setting’ yang berbentuk ikon roda bergerigi di pojok kanan atas. Tekan agak lama pada ikon roda bergerigi tersebut selama beberapa detik hingga ikonnya mulai berputar. Lepaskan jarimu, dan kamu akan melihat pop up yang memberitahumu bahwa System UI Tuner telah diaktifkan. Tap pada opsi System UI Tuner di jendela setting yang muncul, dan setujui peringatan yang muncul keluar. Pada halaman System UI Tuner, nyalakan opsi “Show embedded battery percentage”. Setelah itu, ikon bateraimu sekarang akan menampilkan tingkat persentase pengisian daya sepanjang waktu.

cara aktifkan System UI Tuner

Cara menampilkan Persentase baterai di Android KitKat & Lollipop

Kit-Kat dan Lollipop sebenarnya sudah memiliki fitur ini secara bawaan, namun pengaturannya jauh lebih tersembunyi. Bahkan faktanya, pengaturannya sama sekali tidak ada! Satu-satunya cara untuk mengaktifkannya adalah, dengan menggunakan sedikit perintah ADB (dimana hal itu pasti sangat sulit bagi para pemula), atau menggunakan aplikasi Battery Percent Enabler dari Google Paly Store yang lebih praktis dan sederhana. Kamu tidak perlu me-root atau menggunakan tool yang lain, sehingga hampir semua ponsel dengan Android versi KitKat ataupun Lollipop semestinya bisa berhasil dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini;

Cara menampilkan persentase baterai dengan aplikasi Battery Percent Enabler :

  • Buka Google Play store pada ponselmu dan cari aplikasi Battery Percent Enabler. Pilih aplikasi yang merupakan besutan dari pengembang “kroegerama”, karena ada beberapa aplikasi lain yang namanya hampir sama.
  • Klik tombol ‘Install’ untuk menginstalnya ke ponselmu.
  • Setelah terinstal, klik tombol ‘Open’ yang muncul.
  • Centang kolom “Enable Battery Percent” dan reboot ponselmu (matikan, lalu hidupkan lagi).
  • Setelah me-reboot ponselmu, kamu semestinya sudah bisa melihat ikon baterai Androidmu sudah menampilkan seberapa banyak persentase baterai yang tersisa.

aplikasi battery percent enabler

Meski begitu, aplikasi Battery Percent Enabler masih memiliki beberapa kekurangan. Pada beberapa merek ponsel (kalau yang saya coba pada merek Lenovo Tab2), tulisan persentasenya berwarna putih, dimana hal itu sama dengan warna ikon baterai. Sehingga, kamu baru bisa melihat berapa persen baterai tersisa setelah bateraimu terkuras lebih dari separuh, jadi tulisan putihnya akan berada di background yang kosong. Itu sudah jelas bahwa hal ini merupakan fitur yang belum sempurna untuk ponsel KitKat dan Lollipop (itulah mengapa dianggap masih tersembunyi), namun hal ini masih jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Sebenarnya masih ada banyak aplikasi penampil persentase baterai yang lain seperti Battery Level for Status Bar, Battery Widget Show, Show Battery Percentage, dan yang lainnya. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut tampil sebagai notifikasi yang terpisah, bukan bagian dari baterai Android built-in. Jadi, sepertinya Battery Percent Enabler merupakan solusi yang terbaik untuk ponsel KitKat dan Lollipop.

Comments on this entry are closed.