Cara Mencetak Dokumen atau Gambar Dari Hp Android dengan USB OTG

by Siti Eka Kurniati on March 5, 2016

Setelah di artikel sebelumnya kita membahas kabel USB OTG dan fungsinya yang salah satunya adalah menghubungkan device seperti smartphone atau tablet ke printer sehingga kamu bisa mencetak langsung dokumen atau foto dari smartphone.

Cara ngeprint Dokumen atau Gambar Dari Hp Android dengan USB OTG (3)

Jadi, sekarang kita akan membagikan ulasan tutorial cara ngeprint langsung dari hp android dengan kabel USB OTG. Tapi sebelum itu, kamu lebih dulu harus menginstal aplikasi khusus pada smartphone android. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk mencetak langsung dari hp ke printer adalah PrinterShare. Kamu bisa mengunduhnya disini http://bit.ly/21PvaZX

Setelah kamu install aplikasi tersebut, sekarang kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk ngeprint dari hp android secara langsung. Let’s check it out..

  • Yang pertama kamu harus lakukan adalah menyalakan printer dan menghubungkan smartphone milikmu ke printer menggunakan kabel USB On The Go.
  • Buka aplikasi PrinterShare. Saat pertama kali, kamu harus memilih printernya terlebih dahulu. Tekan Select printer dan pilih Direct USB Connected karena kita menyambungkan smartphone dengan menggunakan kabel USB OTG.
  • Ketika printer sudah terdeteksi maka setelahnya akan muncul perintah untuk menginstal driver printer, tekan YES. Driver printer biasanya otomatis akan terunduh melalui internet dan akan memakan tempat 4 MB memory internal.
  • Setelah driver printer diinstal, sekarang kamu bisa membuka file yang akan kamu cetak dari hp android. Akan muncul tampilan print preview dengan tombol option di bawahnya.
  • Dengan menekan tombol option kamu bisa mengatur ukuran kertas, ukuran font, orientasi kertas, margin kertas dan yang lainnya seperti halnya pengaturan printer di computer.
  • Setelah mengatur semuanya, kamu bisa menekan tombol print untuk mencetaknya dan dokumen WORD, EXCEL, PDF atau fotomu akan tercetak!

Awalnya memang sedikit ribet karena harus menginstal terlebih dulu driver printernya, tetapi jika sudah terbiasa maka proses mencetak akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan hp android. Selain dengan kabel USB OTG, aplikasi PrinterShare juga bisa mengintegrasikan smartphone dengan printer melalui wifi dan Bluetooth apabila printer memiliki support terhadap wifi dan Bluetooth.

Comments on this entry are closed.