Cara Mendaftar Flickr

by Siti Eka Kurniati on February 3, 2016

Apa itu flickr? Flickr merupakan salah satu situs jejaring social untuk sharing foto. Di Indonesia, flickr memang tak sepopuler instagram, namun flickr sangat populer di seluruh dunia. Flickr lebih sering dimanfaatkan oleh para fotografer untuk memamerkan hasil karya mereka di internet. Aplikasi yang awalnya diluncurkan oleh Ludicorp di tahun 2004 ini, selain digunakan untuk berbagi atau sharing hasil karya jepretan kita juga sering dimanfaatkan oleh para blogger untuk menyimpan foto mereka karena memang flickr bisa dikoneksikan atau ditautkan ke jejaring social media lain.

cara mendaftar flickr

Jejaring social media yang bisa diintegrasikan dengan flickr yaitu blogger, wordpress dan kaskus. Selain bisa ditautkan dengan social media lain, flickr juga didukung 9 bahasa termasuk bahasa Indonesia jadi kamu tidak perlu khawatir akan kebingungan menggunakan flickr. Untuk tahu lebih lanjut tentang flickr, simak ulasan di bawah ini yang akan membahas tentang fitur flickr dan cara daftar flickr.

Fitur Flickr

Organizer

Kamu bisa mengelola fotomu yang dibagikan melalui flickr ke dalam kategori yang kamu inginkan dengan menggunakan tag (bentuk dari metadata). Hal ini tentu akan memudahkan kamu atau user lain untuk mencari suatu gambar berdasarkan kategori yang diinginkan semisal makanan, pemandangan, hewan dll. Selain itu, kamu juga bisa memberikan deskripsi pada fotomu juga meletakkan fotomu pada group tertentu. Lalu kamu juga bisa menaruh fotomu dalam peta dunia untuk mengingatkan tempat dimana kamu mengambil foto tersebut. Peta yang dimaksud disini adalah fitur yang disediakan oleh Yahoo! Maps. Fitur Organizer yang dimiliki flickr ini tentu akan memudahkan kamu mengelola foto yang biasanya sulit apabila dilakukan dengan antarmuka web.

Kontrol Akses

Nah, dengan fitur ini kamu bisa memproteksi foto-fotomu dari tangan orang jahil. Kamu bisa memilah foto mana yang bisa kamu sebarkan secara umum dengan pengaturan umum dan menyembunyikan foto yang ingin diprivasi dengan pengaturan pribadi. Pengaturan privasi juga bisa kamu lakkukan dengan otomatis dengan membuat group khusus untuk foto yang ingin kamu share bebas dan group khusus dengan pengaturan pribadi yang hanya ingin kamu koleksi sendiri. Bagi foto yang diatur boleh dilihat oleh publik maka foto tersebut bisa dikomentari oleh user lain serta ditambahkan tag oleh orang lain.

Lisensi

Ya, flickr menawarkan fitur ini agar kamu bisa menambahkan lisensi pada gambar yang kamu unggah di flickr.

Cara Mendaftar Flickr

Untuk mendaftar flickr, kamu memerlukan akun Yahoo! Agar lebih mudah. Jika kamu belum punya akun yahoo sebaiknya kamu daftar dulu ya.. Mau tau cara mendaftar akun yahoo? Baca caranya disini. Jika kamu sudah punya akun yahoo, kunjungi alamat flickr.com. Jika halaman sudah terbuka, maka pilih sign up with yahoo untuk lebih mudahnya karena dengan menekan tombol tersebut, kolom daftar diri pada halaman pendaftaran akan otomatis terisi sendiri sesuai data dari akun yahoo. Setelah semua terisi maka kamu tinggal tekan tombol next dan flickr-mu sudah bisa digunakan! Flickr memberikan space 1 TB secara Cuma-Cuma untuk tempat kamu menyimpan foto, tentu kapasitas yang sangat besar bukan untuk menyimpan file foto koleksimu. Jika kamu masih bingung, lihat video cara mendaftar flickr berikut ini.

Sangat mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa menikmati space 1TB yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto pribadi serta blogmu.

Comments on this entry are closed.