Cara Mendapatkan Cortana Untuk Android

by Ummy Tsabit on January 1, 2016

Cortana, merupakan asisten virtual besutan Microsoft yang akan selalu siap membantu para pengguna Windows 10 dan perangkat Windows Phone untuk saat ini, namun bagi kamu para pengguna Android kini juga sudah bisa menikmati fitur-fitur dan manfaat melimpah dari Cortana. Meski Google juga sudah memiliki asisten virtual yang diaktifkan dengan suara berupa ‘Google Now’, namun bisa dibilang fitur-fiturnya tidak sebanyak yang dimiliki Cortana. Jadi, jika kamu punya perangkat Android dan ingin memanfaatkan Cortana, maka kali ini akan kami bahas tentang bagaimana cara mendownload, menginstal, dan menggunakan Cortana pada perangkat Android :

Cara mendapatkan Cortana

Cortana kini belum tersedia untuk didownload langsung dari Google Play Store, karena masih belum disempurnakan dan belum siap untuk dirilis secara resmi dan masih dalam tahap uji coba. Meski begitu, kamu bisa mendapatkannya dengan mengunduh Cortana APK yang sudah rilis melalui banyak sumber, sehingga kamu masih bisa melakukan sideload (tindakan untuk menginstall aplikasi yang didapat dari luar Android Market) dari sumber yang lain. Namun perlu diketahui, setting default Android tidak akan mengizinkanmu untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store. Jadi, pertam-tama kamu harus mengaktifkan lebih dulu opsi ‘Unknown Sources’ dengan pergi ke menu Setting > Security > dan centang opsi Unknown Source pada ponsel Androidmu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ‘Phone Companion’ di Windows 10. Ketik  ‘Phone Companion’ di kolom pencarian dan ketika aplikasinya terbuka, pilih ‘Android’, lalu klik pada ‘Cortana’ dan ikuti instruksi yang muncul selanjutnya.

Keterbatasan

Sebelum kamu sudah mantap untuk menjajal Cortana di ponsel Androidmu, kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua fitur yang terdapat pada Cortana akan bisa bekerja dengan baik pada Android. Kamu masih akan bisa memproses hampir semua perintah, namun perintah-perintah yang berkaitan dengan settingan OS tidak akan bisa bekerja (karena aslinya untuk Windows Phone, bukan untuk Android). Misalnya saja, Cortana tidak akan mampu melakukan setting system atau membuka aplikasi menggunakan perintah “Open (sebut nama aplikasinya)”. Jadi, kamu tidak bisa memerintahkan Cortana untuk menjalankan perintah “Open Gmail” atau perintah sejenisnya.

Mengunduh dan menginstal Cortana

Selanjutnya, kamu bisa mengunduh Cortana secara gratis melalui APKMirror.com dengan ukuran file 19.4 MB. Cobalah untuk mendownload versi terbaru yang sudah diupdate karena aplikasi Cortana untuk Android masih dalam bentuk beta (fase uji coba), jadi akan terus diupdate sebelum mencapai perilisan final. Setelah kamu download, kamu cukup menekan pada file APK-nya dan lalu tekan pada tombol “Install” setelah mengecek semua permission untuk menginstal aplikasi tersebut.

Cara set up Cortana

Saat kamu akan menjalankan Cortana untuk pertama kali, kamu akan diminta untuk menerima Syarat & Ketentuan dan memahami apa pengertian dari asisten virtual. Cukup tekan ‘Next’ pada setiap halaman setelah kamu membaca untuk menyetujuinya.

Lalu kamu akan diminta untuk memberikan nama dimana Cortana akan memanggilmu dengan nama tersebut. Disini, masukkan nama atau panggilan akrab yang paling nyaman bagimu, dan tekan ‘Enter’. Setelah itu, kamu harus log in dengan menggunakan Akun Microsoft untuk membuka Cortana.

Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan layanan lain dari Microsoft seperti Outlook, Office 365, Xbox, atau One rive, maka berarti kamu sudah memiliki akun Microsoft dan bisa menggunakan akun tersebut. Jika tidak, maka kamu harus membuat akun yang baru ntuk bisa membuka Cortana. Buka detil akun Microsoftmu dan tap pada ‘Next’ untuk mulai menggunakan Cortana.

Konfigurasi Cortana

Asisten virtual seperti Cortana akan bekerja yang terbaik ketika ia mengetahui hal-hal yang berkaitan denganmu, seperti topik berita yang kamu minati, dan tempat-tempat makan favoritmu. Tidak seperti asisten virtual lain seperti Google Now milik Google atau Siri milik Apple, Cortana tidak akan membantu dirinya sendiri untuk mendapatkan informasi ini. Sebaliknya, kamu perlu menyediakan informasi yang kamu ingin untuk dimiliki Cortana. Untuk melakukan hal ini, buka palikasi Cortana dan sapu layar dari kiri untuk menampilkan halaman Notebook.

Dari bagian Notebook pada aplikasi Cortana, tekan tombol ‘About Me’ untuk memberikan Cortana informasi seputar dirimu, seperti nama. Disisa halaman, kamu juga bisa memasukkan tempat-tempat favorit untuk makan dan minum, artis idolamu, tim olahraga yang kamu dukung, dan masih banyak info yang lain. Semakin banyak informasi yang kamu berikan pada Cortana, maka itu lebih baik bagi Cortana untuk bisa memberikanmu informasi dan perkiraan berdasarkan preferensimu. Selanjutnya kamu bisa menggunakan Cortana untuk mengoperasikan perangkatmu hanya dengan menggunakan suara. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan suaramu untuk memerintahkan Cortana untuk membuka aplikasi dengan berkata “Open Facebook”, mencari sebuah informasi di internet, atau untuk menyetel alarm dan pengingat.

Comments on this entry are closed.