Cara Mendapatkan Koneksi Wi-Fi Secara Gratis Dimana Saja

by aries on June 5, 2015

Jaringan Wi-Fi kini seolah menjadi hak asasi bagi setiap orang untuk mendapatkan jaringan internet secara luas, dan menjadi trend gaya hidup tersendiri. Contohnya saja, jika temanmu tidak memiliki koneksi Wi-Fi dirumahnya, pasti kamu akan jarang berkunjung, dan bahkan jika ada suatu kafe atau restoran tidak menyediakan Wi-Fi, pasti kamu akan malas memasukinya. Setiap kantor, kampus, sekolahan, mall, restoran, hotel, bahkan rumah pribadi mulai banyak yang menggunakan jaringan Wi-Fi. Namun, apakah ada yang lebih baik dari Wi-Fi? Yap, tentu Wi-Fi gratis! Pengen tahu trik bagaimana kamu bisa mendapatkan jaringan Wi-Fi secara ‘Cuma-Cuma’? Simak ulasannya berikut ini:

trik mendapatkan wi-fi gratis

  • Gunakan alat scanner

Setiap smartphone Android  pasti akan selalu siap memberitahumu jika apakah ada koneksi Wi-Fi yang diamankan atau tidak. Dan untungnya, tidak semua orang pelit untuk mengamankan koneksi internet mereka saat kamu hendak nebeng (meminjamnya). Cara untuk mengeceknya adalah : pergi ke Setting > Wi-Fi, dan carai koneksi  yang berlabelkan ‘Open’ atau ‘Unsecured’, dan kamu tinggal menyambungkannya.

  • Pergilah ke Starbucks atau Mc Donalds

Tidak perlu menjadi jenius untuk mengetahui bahwa restoran waralaba besar biasanya menggunakan Wi-Fi gratis layaknya seperti permen untuk menarik minat pelanggannya. Sebut saja ruang santai di McDonalds, yang menyebabkan banyak orang untuk mampir pada saat yang dibutuhkan, dan tetap bertahan disitu selama beberapa saat sambil makan kentang goreng, yang dipermanis dengan Wi-Fi gratis. Begitu pula yang terjadi di restoran-restoran besar lainnya.

  • Bergabunglah ke dalam komunitas

Ada sebuah aplikasi unik bernama Instabridge. Dalam aplikasi ini, koneksi dan password jaringan Wi-Fi yang bersumber dari orang-orang banyak, dikumpulkan ke dalam sebuah jaringan jutaan koneksi Wi-Fi, sehingga kamu bisa mengetahui letak setiap Wi-Fi Hot Spot terdekat  yang ada di sekitarmu. Hal yang terbaik adalah, aplikasi ini juga memasukkan koneksi Wi-Fi yang diamankan (secured), sehingga selama ada satu orang yang mau membayar mahal untuk mengungkap kode passwordnya, setiap orang yang menggunakan aplikasi ini juga akan bisa menikmati koneksinya secara gratis.

  • Perhatikan saat di Mall

Biasanya, dalam setiap even smartphone besar, sering sekali memberikan hadiah gratis, diantaranya adalah kartu Wi-Fi gratis yang memungkinkanmu untuk mendapatkan akses gratis Wi-Fi selama satu atau dua jam ke operator internet dan seluler tertentu. Dan jenis hadiah seperti ini selalu diberikan sebagai barang-barang promosi di pusat perbelanjaan (Mall) atau sejenisnya. Jadi, jaga matamu tetap awas untuk menemukannya.

  • Mampirlah ke hotel

Cara yang satu ini sedikit agak nakal, tapi staff penerima tamu di banyak hotel biasanya akan dengan senang hati memberikanmu secarik kertas berisi password, saat kamu berjalan-jalan santai dan meminta kode password Wi-Fi. Dan jangan khawatir, mereka bisaanya tidak akan cerewet menanyakan nomer kamarmu. Hal yang serupa juga terjadi di pusat pariwisata tertentu.

  • Manfaatkan temanmu

Meski kamu kurang mampu untuk membeli paket data dengan kuota yang lebih besar, siapa tahu temanmu tidak. Jadi kamu bisa cukup sering melakukan Tethering dengan perangkat temanmu untuk waktu yang cukup lama agar dapat sekedar mengecek WhatsApp atau BBM serta mengirim email. Hanya saja, jangan gunakan untuk menonton video terlalu lama, jika kamu tidak ingin temanmu semakin berkurang.

  • Periksa jaringan TV kabel langgananmu

Beberapa jaringan TV kabel berlangganan berskala besar, juga menyediakan akses Wi-Fi gratis dalam paket penawaran mereka. Jadi, coba lihat brosur atau teleponlah customer service untuk mencari tahu apakah kamu juga akan mendapatkan hal yang sama dalam TV kabel langgananmu. Meski secara teknis ini tidak sepenuhnya gratis, namun ini merupakan hal yang terbaik jika kamu memiliki akses Wi-Fi gratis dalam paket TV kabel langgananmu.

  • Saling memberi dan menerima

Daripada kamu hanya terus menerus menghisap koneksi Wi-Fi orang lain, kamu juga bisa mengambil pendekatan yang sedikit lebih baik dengan cara saling memberi dan menerima, dan berbagi Wi-Fi hot spotmu (baik dirumah atau tempat kerja) dalam rangka pertukaran dengan orang lain. Cukup bagikan rincianmu, lakukan log in dan bersiaplah untuk membalas budi saat kamu sudah memiliki akses Wi-Fi sendiri.

Itulah tadi beberapa trik untuk mendapatkan akses Wi-Fi secara gratis, Selamat Mencoba!

Comments on this entry are closed.