Cara Mengakses File Flashdisk di Ponsel / Tablet Android

by Ummy Tsabit on April 3, 2016

Ingin menonton video atau film di ponsel atau tablet Android tanpa harus menyia-nyiakan ruang penyimpanan ? atau mungkin kamu hanya perlu melihat file milik teman yang diberikan padamu? Tenang saja. Kebanyakan perangkat Android modern sekarang sudah mendukung Flash disk standar, sehingga kamu bisa mencolokkan flash disk ke ponsel Android seperti layaknya di komputer PC.

cara gunakan usb otg

Versi Android modern (lollipop ke atas) telah meningkatkan dukungan untuk perangkat penyimpanan eksternal, sedangkan pada beberapa perangkat versi lama mungkin masih bisa dilakukan, namun harus membutuhkan akses root. Berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara menggunakan flash disk pada ponsel Androidmu tanpa harus melakukan root ;

Gunakan kabel USB OTG

Kamu mungkin sudah tahu, bahwa ponselmu tidak memiliki port USB normal yang biasanya. Nah, guna untuk menghubungkan flshdisk ke ponselmu, maka kamu butuh kabel khusus USB OTG (On the go). Kabel ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko aksesoris handphone. Kabel ini berupa kabel adaptor yang pendek dengan koneksi micro USB yang kecil di bagian ujungnya, dan dengan koneksi USB yang lebih besar di ujung yang satunya.

Namun sayangnya, kabel ini mungkin tidak bisa bekerja pada beberapa jenis perangkat. Untuk bisa bekerja, perangkat Android milikmu membutuhkan kemampuan untuk bisa berfungsi sebagai OTG host. Beberapa merek ponsel dan tablet, mungkin tidak memiliki kemampuan ini, sehingga kamu mungkin masih perlu untuk mengeceknya di internet untuk melihat apakah perangkatmu kompatibel dengan kabel tersebut sebelum kamu membelinya.

Setelah kamu memiliki kabel USB OTG, maka kamu cukup menggunakan kabel untuk menghubungkan ponsel atau tablet Androidmu bersama dengan Flashdisk. Kabel ini juga bisa digunakan untruk menghubungkan jenis perangkat USB lain ke ponsel atau Androidmu, termasuk keyboard USB, mouse, dan game pads.

File System yang didukung

Flashdisk milikmu idealnya harus di format dengan file system FAT32 untuk kompatibilitas maksimum. Beberapa perangkat Androidmu mungkin juga bisa mendukung file system exFAT. Namun sayangnya, tidak ada perangkat Android yang akan bisa mendukung file system NTFS Microsoft.

Jika perangkatmu tidak diformat dengan file system yang memadai, kamu akan bisa mem-formatnya setelah kamu menghubungkannya ke perangkat Androidmu. Meski begitu, dengan melakukan format flash disk, maka akan menghapus semua isi didalamnya, sehingga idealnya kamu harus memastikan bahwa flsh disk yang kamu gunakan sudah sesuai format ketika saat pertama kali memindah file ke dalamnya.

Cara gunakan USB Flashdisk tanpa root

Pada versi Android yang terbaru, kamu akan mendapatkan notifikasi yang mengatakan, bahwa flashdisk “for transferring photos and media” setelah kamu memasangnya. Kamu akan melihat tombol “Explore” yang akan memungkinkanmu untuk menelusuri file yang ada di dalam flashdisk, dan tombol “Eject” yang akan memungkinkanmu untuk secara aman mencabut flashdisk nya. Jika kamu masih menggunakan versi Android yang lebih lama, maka kamu masih perlu untuk melakukan root agar bisa menggunakan aplikasi “StickMount” untuk bisa mengakses filenya.

Setelah itu, tekan tombol “Explore” dan file manager Android yang baru akan terbuka, menampilkan isi dari flashdisk nya. Kamu bisa menelusuri dan mengatur file seperti biasanya kamu lakukan. Kamu cukup menekan lama pada salah satu atau lebih file atau folder untuk memilihnya.

Jika kamu memiliki video, musik, atau film di dalam flashdisk, kamu bisa menekannya untuk membukanya di aplikasi media viewer yang ada di ponselmu. Ini akan memungkinkanmu untuk menonton video yang tersimpan di flashdisk di ponselmu ketika dalam perjalanan, misalnya. Tentu saja, kamu juga masih bisa menginstal aplikasi file manager pihak ke tiga dan menggunakannya sebagai ganti dari file manager bawaan Android.

Kamu juga bisa membuka aplikasi ‘Setting’ Android dan menekan opsi “Storage & USB” untuk melihat sekilas tentang penyimpanan internal perangkatmu dan setiap perangkat penyimpanan eksternal yang di hubungkan ke perangkatmu. Tap pada ‘internal storage’ untuk melihat file-file yang ada di perangkatmu menggunakan file manager. Kamu juga bisa selanjutnya menggunakan file manager untuk men-copy atau memindahkan file ke USB Flashdisk.

Beberapa aplikasi juga ada yang memungkinkanmu untuk menyimpan file secara langsung ke setiap perangkat yang kamu suka, atau membuka file secara langsung dari perangkat penyimpanan. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menyimpan file dan memuatnya dari drive eksternal. Lalu, ejek flash disk ketika kamu sudah selesai dan kamu bisa menghubungkannya ke komputer atau perangkat Android lain, sehingga memungkinkanmu untuk mentransfer file bolak-balik.

Comments on this entry are closed.