Cara Mengaktifkan Auto Restart Di HP Samsung

by Ummy Tsabit on June 5, 2016

Setiap Operasi Sistem tidak selalu bisa bekerja bersama-sama dengan sempurna dengan hardwarenya, dan bahkan setiap smartphone masih membutuhkan sedikit perawatan agar bisa terus berkelanjutan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Rutinitas perawatan yang paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja adalah cukup dengan merestart perangkat mereka. Setelah kita mengisi smartphone kita dengan berbagai macam aplikasi, menyuruhnya untuk melaksanakan berbagai tugas, dan memakainya sepanjang waktu, tentu kinerja smartphone bisa menjadi melambat. Inilah mengapa, para pembesut smartphone merekomendasikan para penggunanya untuk merestart handset buatan mereka secara teratur, dan inilah alasan utama mengapa Samsung telah menyertakan fitur “Auto restart” pada perangkatnya yang sudah menggunakan Android versi 5.1 Lollipop ke atas.

cara auto restart

Sebenarnya, untuk mengaktifkan fitur yang satu ini sangatlah mudah, namun janganlah terkejut jika kamu masih belum familiar dan belum sadar dengan keberadaan fitur ini, karena opsi ini “tersembunyi” jauh di dalam menu setting ponsel Samsung.

Untuk beberapa tahun yang lalu, perangkat Samsung telah menerima baik pujian ataupun kritikan terkait penyertaan user interface ekslusif besutan Samsung sendiri, TouchWiz yang menutupi OS Android pada sebagian besar smartphone dan tablet besutan Samsung, termasuk seri terbaru Samsung Galaxy S7. Selama beberapa tahun terakhir, Samsung terus berusaha menyempurnakan TouchWiz dengan cara memangkas bloatware dan menambahkan atau meningkatkan fitur yang sudah ada, dan dengan adanya Android Lollipop, perusahaan elektronik raksasa asal Korea tersebut juga sudah menyertakan opsi untuk secara manual mengatur waktu untuk menentukan kapan perangkat Samsung akan melakukan restart otomatis.

Dengan merestart perangkat komputasi seperti PC atau laptop, bisa memecahkan sejumlah masalah seperti layanan dan aplikasi yang tidak responsif, membebaskan ruang RAM, dan akan bertambah berlipat ganda bagi smartphone, mengingat fakta bahwa kebanyakan pengguna smartphone tidak merestart perangkatnya secara rutin, entah karena alasan mereka sering lupa atau karena mereka tidak tahu kegunaan dari restart itu apa. Untuk itulah, Samsung hadir untuk menjembatani dengan menyertakan fitur “Auto restart”, yang telah ditambahkan pada menu Setting dari setiap smartphone atau tablet Sasmung yang menggunakan Android Lollipop atau yang lebih baru.

Cara mengaktifkan fitur Auto Restart

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus pergi ke Setting > Backup and reset, lalu pergi ke tabulasi “Device maintenance”, lalu tekan “Auto restart” dan geser tombol toggle ke posisi ON. Meski secara default perangkat akan di atur untuk melakukan jadwal restart setiap Senin, pada jam  3 siang, tanggal dan waktunya bisa kamu rubah di bagian bawah menu “Auto Restart” sesuai dengan pilihan pengguna. Dan demi kenyamanan, maka direkomendasikan untuk mengatur Auto Restart melakukan reboot perangkat sesuai jadwal pada waktu dan hari dimana smartphone atau tablet paling jarang digunakan.

Comments on this entry are closed.