Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang & USB Debugging di Android

by Ummy Tsabit on October 28, 2015

Satu hal yang membuat Android berbeda dari sistem operasi lain untuk smartphone dan tablet adalah, Android menjadi platform sistem Operasi Terbuka yang bisa mendorong para pengembang untuk terlibat dalam berbagai macam jenis aktivitas pengembangan. Dan salah satu fitur yang mana tanpa fitur tersebut pengembangan kustom tidak akan menjadi begitu mudah adalah adanya fitur “Opsi Pengembang” (Developer Option) yang bisa kamu temukan dibawah menu Setting dari semua perangkat Android sebagai deafukt.

Opsi pengembang ini mengandung fitur-fitur canggih yang bisa membantu setiap orang yang memiliki tekad untuk menuangkan pikiran, menguji, men-debug dan mengemas aplikasi dan mod Android. Dalam istilah sederhananya adalah, opsi pengembang akan memungkinkanmu untuk mendapatkan akses cepat ke perangkat Android dari komputer melalui perintah ADB (Android Debug Bridge).

Fitur-fitur dari Opsi Pengembang

Fitur Opsi pengembang sangat diperlukan bagi para pengembang aplikasi Android, hacker, maupun orang yang gemar mengoprek Android untuk bisa cepat mengakses dan mengontrol perangkat mereka dari PC. Bahkan meski kamu hanya sekedar pengguna biasa dan ingin melakukan Root, menginstal ROM atau mod pada perangkat Androidmu, maka kamu harus terlebih dulu mengaktifkan mode USB Debugging terlebih dulu di ponsel atau tablet. Dan kamu tidak bisa mengaktifkan USB Debugging jika kamu belum mengaktifkan terlebih dulu Developer Options pada perangkatmu.

Sebagian besar fitur berguna yang bisa kamu temukan dibawah Developer Options adalah sebagai berikut :

  • Mengaktifkan Debugging melalui USB.
  • Dengan cepat menangkaplaporan bug ke perangkat.
  • Menunjukkan penggunaan CPU pada layar.
  • Menulis informasi debugging pada layar seperti batasan tata letak, update pada penayangan GPU dan lapisan hardware, menampilkan kelebihan GPU, dan informasi yang lain.
  • Menguraikan GPU Profil.

Sebenarnya, Opsi Pengembang akan selalu bisa terlihat secara default dalam semua versi Android yang lama (sebelum KitKat), yakni :

Developer Options pada versi Gingerbread (Android 2.3):

Setting >  Applications > Development > USB Debugging

Developer Options pada versi Ice Cream Sandwich (Android 4.0):

Settings> Developer Options> USB Debugging

Developer Options pada versi Jelly Bean (Android 4.1):

Settings> Developer Options> USB Debugging

Namun, jika perangkatmu sudah menggunakan versi Jelly Bean yang 4.2, atau sudah menggunakan versi terbaru yang lebih tinggi seperti KitKat, Lollipop, atau bahkan Marshmallow, maka jangan kaget jika kamu menemukan bahwa fitur “Developer Options” tidak ada atau hilang. Tidak jelas apa alasan Google menyembunyikan opsi ini di perangkat Android versi terbaru. Mungkin ini untuk memperingatkan para pengguna pemula untuk tidak sembarangan menggunakannya, atau ada alasan yang lain. Apapun alasannya, kamu bisa dengan mudah memunculkan opsi pengembang dan mengaktifkan USB Debugging. Untuk menemukan dan mengaktifkan fitur tersebut, maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang dan USB Debugging pada Android

cara memunculkan opsi pengembang Kenyataannya, opsi pengembang merupakan inti dari pengembangan Android, sehingga mereka tidak bisa dihapus  selama Android masih merupakan sebuah lingkungan open source. Satu-satunya perubahan yang terjadi dalam koneksi ke pilihan yang sangat berguna ini adalah, kini mereka tersembunyi secara default dan kamu harus membuatnya menjadi tersedia dengan melakukan beberapa langkah berikut :

  • Buka menu Setting > About pada ponsel atau tablet Androidmu.
  • Jika kamu memiliki Samsung Galaxy jenis apapun maka caranya : Setting > General > About.
  • Lalu gulir ke bagian ‘Build Number’, dan tekan hingga 7 kali.
  • Setelah menekan Build Number sebanyak 7 kali, kamu akan melihat pesan “You are now a developer!” atau “Developer mode has been enabled”.
  • Lalu, kembali ke menu utama Setting dan sekarang kamu akan bisa melihat menu Developer Options atau Opsi Pengembang.
  • Tutul pada Opsi pengembang dan centang kotak disamping USB Debugging untuk mengaktifkannya.
  • Untuk menonaktifkan mode USB Debugging, kamu bisa menghapus tanda centang pada kotak disamping opsi USB Debugging.
  • Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang, pergi ke menu Setting > Developer options lalu geser tombol On / Off pada bagian atas halaman.

Cara mengaktifkan USB Debugging pada perangkat HTC & LG

Jika ponselmu adalah HTC One, M8, One Max, Desire, atau ponsel HTC lain dengan versi JB 4.2 atau KitKat 4.4, maka cara untuk menyalakan Developer Option adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Setting > About > Software Information > More.
  • Lalu tekan Build Number sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan Developer Option. Lalu, kamu akan bisa melihat pesan “You are now a developer!” di layar.
  • Kembali lagi ke menu Setting, dan sekarang kamu bisa melihat ada menu Developer Option.
  • Tekan menu tersebut, lalu nyalakan USB Debugging pada layar selanjutnya.

Jika ponselmu adalah adalah LG G2, G3, LG G Flex, atau ponsel LG yang lain, maka cara untuk mengaktifkan Developer Option adalah dengan pergi ke menu Setting > About > Software Information, lalu tekan Build Number sebanyak 7 kali. Lalu lakukan langkah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

wardhana February 15, 2016 at 2:52 am

saya pake kabel usb oppo, untuk kabel USB nya kok bisa ngga ke detect pak., terus pas instalan drivernya mtk65XX tidak terinstal,

Aris Ahmad February 15, 2016 at 3:37 pm

Pass install harus dalam keadaan on ya HP-nya. Kalau mau lebih mudah, PC terkoneksi internet. Driver akan otomatis terdownload dan install..

Comments on this entry are closed.