Cara Mengatasi Andromax G Bootloop

by aries on October 9, 2015

Sejak saya membuka jasa flash Android online, banyak sekali permintaan untuk servis Android khususnya masalah flashing. Salah satunya adalah user yang ternyata hanya tetangga desa saya. Tepatnya tiga hari yang lalu, ada dia kontak saya via call menanyakan apakah bisa mengatasi Andromax G bootloop. Tanpa pikir panjang saya langsung jawab bisa.

Sebelum saya menanyakan penyebab Andromax G bootloop, saya terlebih dahulu tanya begini, tahu konter saya dari mana mas? Dia jawab di dari Group FB. Karena lokasinya dengan tempat saya berdekatan sepersi saya sebutkan di atas, dia langsung membawa Andromax G yang bootloop tersebut ke konter saya.

Setelah saya cek, Andromax G AD687G milik user ini masih original, artinya belum pernah diuprek. Baik di root, install CWM, apalagi custom room. Keadaan seperti ini memang sedikit lebih ribet. Untuk itu, simak langkah-langkah cara mengatasi Andromax G bootloop berikut ini;

Solusi pertama

Melakukan hard reset pada Andromax G. Caranya, HH dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power, volume bawah secara bersamaan. Setelah masuk ke mode recovery, pilih wipe data/ factory reset. Setelah proses selesai, pilih reboot system now.

Solusi kedua

Jika dengan cara hard reset, Andromax G masih tetap bootloop. Coba lakukan flash dengan TF Update. Karena kebanyak smartphone Andromax, termasuk Andromax G tidak bisa di flash dengan PC. Maka cara flashnya langsung dengan menggunakan file TF Update. Caranya, setelah selesai download file TF update Andromax G dari situs http://bit.ly/1WRcUwD, ekstrak lalu copy dan paste di SDCard bagian luar.

HH dalam kedaan off, tekan dan tahan tiga tombol sekaligus (tombol power, volume up, dan volume down) lalu ikuti sesuai intruksi yang diberikan. Jika, setelah menekan ketiga tombol tersebut muncul warning “Only new version allowed to upgrade”. Maka lakukan saja cara ketiga berikut ini.

Solusi ketiga

>Root

Sebagaimana saya jelaskan di atas, Andromax G bootloop masih belum pernah diuprek. Untuk itu langkah pertama yang saya lakukan adalah root. Caranya;

  1. Andromax G dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power dan volume atas.
  2. Setelah muncul tulisan warna hijau, koneksikan HH ke PC dengan kabel USB.
  3. Setelah itu, langsung kita root dengan kingo root.

>Install CWM

  1. Setelah selesai root pastikan HH masih terkoneksi dengan PC via kabel USB.
  2. Download adb-fastboot dari situs http://bit.ly/1LCF8Z2, lalu ekstark dan taruh di drive C misalnya.
  3. Dwonload adb driver dari situs http://bit.ly/1M0ENzX lalu install
  4. Download CWM recovery dari situs http://bit.ly/1QdTFta. Ekstrak dan copy kan file recovery.img ke SDCard. Taruh dibagian luar jangan di dalam folder.
  5. Klik kanan adb-fastboot sambil tekan tombol shift kemudian pilih Open command windows here. Pada kotak dialog yang ditampilkan, ketik adb devices. Andromax G akan terbaca oleh PC jika muncul seperti gambar di bawah ini.
  6. Lalu ketik adb shell, maka akan muncul seperti huruf s
  7. Setelah itu, ketik su maka akan muncul # sebagai tanda bahwa Andromax G sudah di root. Jika belum maka tidak akan muncul tanda #
  8. Kemudian ketik dd if=/sdcard/recovery.img of=dev/block/mmcblk0p13 lalu tekan enter
  9. Setelah muncul gambar seperti di bawah ini, berarti install CWM di Andromax G telah sukses.

>Install ROM original via CWM

  1. Download ROM original Andromax G dari situs http://bit.ly/1L3S0VM, lalu taruh di SD card bagian luar
  2. Masuk ke mode CWM. Caranya tekan dan tahan tombol power serta volume bawah. Setelah masuk ke mode CWM lakukan instalasi rom original seperti install custom rom pada Andromax C. Karena caranya sama, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi agar tidak kebanyakan kata. 🙂

Langkah-langkah di atas, sebelumnya pernah saya terapkan untuk mengatasi bootloop Andromax C dan berhasil. Jika kebetulan dengan ketiga solusi ini, Andromax G masih tetap bootloop. Bawa saja ke Galeri Smartfren terdekat!

crevtza January 9, 2016 at 5:56 pm

assalamu’alaikum ,.
mas kenapa adb-fastbootnya ngga bisa kebuka?
mohon pencerahannya

Comments on this entry are closed.