Cara mengatasi Eror File Integrity Violated

by aries on November 6, 2014

Beberapa hari yang lalu ada salah satu tetangga desa datang ke tempat saya (88Comp) untuk servis komputer. Seperti biasa, saya menanyakan masalah yang terjadi atau eror pada komputer tersebut. “Banyak virus dan tidak bisa dibuat copy paste antara hardisk ataupun dari hardisk ke flashdiks, begitu juga sebaliknya”

Cara mengatasi Eror File Integrity Violated

Setelah saya coba, memang benar yang dikeluhkan demikian. Langkah pertama yang saya ambil adalah scan hardisk komputer tersebut menggunakan antivirus kaspersky dengan database terbaru. Saya berharap virus bisa bersih dan masalah eror copy paste bisa hilang dengan sendirinya (karena saya pikir penyebabnya adalah virus). Setelah scan hardisk selesai, virus benar-benar bersih. Namun, yang menjadi masalah adalah tetap tidak bisa untuk copy paste file dan ada pesan eror demikian “Error: File Integrity Violated”.

Format hardisk dan intall ulang Windows XP nya adalah jalan cepat dan tidak pusing untuk mengatasi masalah eror copy paste tadi. Namun, karena komputer jadul tidak support untuk booting USB windows jadi ya saya cari jalan lain. Padalah saya sudah membuat usb booting windows dengan rufus sebelumnya lho. Alternatif kedua, saya akan install windows dengan booting via CD Room, namun alangkah nasib belum berpihak. CD Room sudah lemah optiknya sehinga tidak mampu membaca cd dengan sempurna. Saya mencoba ganti CD Room yang lain namun yang ada adalah CD Room SATA. Padalah komputer jadul tidak support dengan CD Room jenis ini. Dan kebetulan semua CD Room IDE yang ada sudah lemah pada sisi optiknya.

Sempat berfikir untuk melakukan cloning windows xp dari komputer lain dengan software tertentu seperti XClone, Ghost dan sejenisnya. Namun, hal ini belum saya lakukan dan mencoba cara lain yang lebih cepat untuk mengatasi masalah Error: File Integrity Violated tadi. Setelah mencari referensi, akhirnya ketemu juga caranya. Ternyata cukup mudah. Yakni uninstall aplikasi TeraCopy. Karena penyebab eror copy paste tersebut ada pada TeraCopy nya yang bermasalah.

Sebagi bukti bahwa hal ini bisa sukses sekaligus untuk tutorial tentang cara mengatasi Error: File Integrity Violated, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

bae suzy August 12, 2015 at 2:43 pm

Videonya kok error tdk bs di play ya?
Sy lg butuh utk benerin hardisk 🙁
dimana ya sy bs uninstall teracopy?
krn file2 di dlm hardisk penting, hilang kah?

Aris Ahmad August 13, 2015 at 7:06 pm

Cab di unistall pake software yourunistall pro atau sejenisnya..

Comments on this entry are closed.