Cara Mengatasi Eror Kamera Blackberry Curve 8520 (Gemini)

by aries on August 24, 2015

Saat akan mengambil gambar dengan kamera Blackberry Curve 8520 (Gemini), tiba-tiba muncul pesan eror “Tidak dapat menjalankan kamera. Tutup aplikasi lain dan coba lagi buka kamera” atau dalam bahasa inggrisnya “Could not start the camera. Close other applications and try opening the camera again”. Padahal, sehari sebelumnya kamera berfungsi normal.

Could not start the camera. Close other applications and try opening the camera again

Mengamati pesan eror tersebut, sepertinya aplikasi kamera kres atau benturan dengan aplikasi lain sehingga menyebabkan kamera tidak bisa berfungsi. Untuk itu, langkah pertama yang saya ambil adalah reboot atau merestar Blackberry Gemini tersebut dengan cara melepas dan memasang kembali baterainya. Setelah B Gemini nyala, saya coba lagi menggunakan kamera. Tapi sayang, solusi ini tidak bisa mengatasi eror pada kamera Blackberry Gemini tersebut.

Kalau dengan restart masih tetap saja tidak bisa, maka saya langsung melakukan wipe atau factory reset pada BB Gemini tersebut. Dengan cara ini, saya berfikir akan menjadi sebuah solusi mengingat setelah BB di factory reset, otomatis akan kembali ke setingan pabrik. Dengan demikian, kres antar aplikasi tidak mungkin terjadi. Namun, setelah selesai melakukan wipe, kamera pada BB Gemini tersebut tetap bandel. Pusing kan kalau sudah begini.

Solusi terakhir yang saya ketahui adalah dengan flash atau install ulang BB Gemini tersebut. Proses flash berjalan lancar dan tidak ada kendala. Namun, lagi-lagi kamera Blackberry Gemini tetap saja ngadat alias tidak bisa digunakan. Tambah pusing lagi, karena saya sudah kehabisan amunisi untuk mengatasi eror pada kamera BB Gemini tersebut.

Setelah Gugling, akhirnya saya menemukan solusi yang sebenarnya saya sendiri kurang yakin, tapi tetap saya coba. Berikut solusinya yang berhasil saya temukan di sebuah forum.

  1. Buka dulu casing Blackberry Curve 8520 (Gemini)
  2. Jika Kamera Blackberry menggunakan flexibel, maka ganti flexibelnya. Namun jika kamera langsung menyatu dengan boardnya, bersihkan dulu jalurnya.
  3. Debu ataupun kotoran lain akan menghambat system untuk menjalankan kamera.
  4. Nah, ternyata benar, setelah saya berhasil membuka casingnya, pada bagian kamera dan di bawah LCD banyak banget debu.
  5. Setelah saya bersihkan dan pasang kembali casingnya, seperti sebuah sulapan. Kamera BB Gemini langsung bisa berfungsi dengan baik saat saya coba.

Berikut ini video tutorialnya cara mengatasi eror kamera Blackberry Gemini sekaligus sebagi bukti. Hahah 😀

Catatan: pesan eror seperti saya sebutkan diatas, tidak hanya terjadi pada Blackberry Gemini saja, semua tipe Blackberry bisa juga mengalami masalah yang sama.

welwol March 7, 2016 at 9:35 pm

good

Comments on this entry are closed.