Cara Mengatasi Error 492 di Playstore

by Siti Eka Kurniati on March 25, 2016

Smartphone android adalah ponsel serbaguna yang memiliki berbagai aplikasi yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar di google playstore. Ada banyak sekali jenis aplikasi yang ada di google play store seperti game, aplikasi kamera, aplikasi edit foto dan aplikasi edit video, aplikasi musik, aplikasi transportasi dan masih banyak lagi bisa kamu temukan.

cara mengatasi error 492 playstore

Tapi, terkadang aplikasi playstore sendiri memiliki gangguan atau error sehingga kita tidak bisa mendownload aplikasi di google playstore. Salah satu permasalahan atau error yang sering dialami adalah error 492 di playstore. Penyebab error 492 ini dikarenakan dikarenakan Dalvik Cache. Apa itu Dalvik Cache? Dalvik cache itu semacam temporary space (ruang kosong sementara) yang digunakan sama Java virtual machine buat ngejalanin aplikasi Android. Nah, jika dalvik cache ini penuh karena digunakan secara terus menerus maka akan menyebabkan low internal memory space. Nah, penuhnya dalvik chace ini juga bisa menjadi penyebab error 492 di playstore. Jadi bagaimana cara mengatasi error 492 playstore saat kita mengunduh suatu aplikasi? Simak ulasan cara mengatasu error 492 di android berikut ini :

  • Pergilah ke menu setting dan cari apps atau manajamen aplikasi
  • Cari dan buka aplikasi google playstore. Lalu clear cache. Sebelum keluar kamu juga perlu membersihkan datanya dulu dengan menekan clear data / hapus data.
  • Kembali ke menu utama, buka lagi aplikasi google playstore dan cari aplikasi yang ingin kamu unduh. Coba unduh kembali. Sebagian orang bisa mengunduh dengan lancer namun ada juga juga yang masih menemukan error 492 di playstore.
  • Jika kamu saat mengunduh, playstore masih menampilkan pesan error 492 maka pergi kembali ke setting / pengaturan
  • Cari dan buka apps / manajemen aplikasi
  • Cari dan buka kerangka kerja layanan google / google service framework.
  • Hapus cache dan juga datanya.
  • Kembali jalankan google playstore dan unduh aplikasi yang kamu inginkan.

Mudah bukan cara di atas? Kamu bisa langsung menggunakan playstore kembali untuk mendownload aplikasi favoritmu. Namun terkadang, masih ada kendala setelah melakukan instruksi di atas dan beberapa orang malah mendapati playstore mereka tidak bisa terhubung ke jaringan dan menampilkan kode error rh-01. Apa itu error rh01 dan bagaimana cara mengatasinya? Kita akan bahas dalam artikel selanjutnya.

Comments on this entry are closed.