Cara mengatasi error “couldn’t capture screenshot”

by Ummy Tsabit on April 24, 2016

Mendapati sebuah pesan error, memang sangat lumrah terjadi di perangkat Android. Mulai dari pesan error ‘Unfortunately, Contact has stopped’, pesan ‘Error 941’ di Google Play Store, dan masih banyak yang lain. Dan salah satu pesan error yang sering muncul di Android adalah “Could’nt capture Screenshot. Can’t take screenshot due to limited storage space, or it isn’t allowed by the app or your organization’ atau dalam sebagian ponsel muncul pesan error berupa “Couldn’t save screenshot. Storage may be in use”.

cara atasi error screenshot

Screenshot biasa dilakukan untuk merekam aktivitas tertentu yang kita lakukan baik dalam bentuk sebuah gambar ataupun video. Entah itu dalam permainan, aplikasi media sosial, atau yang lainnya. Cara melakukan screenshot pun juga bisa berbeda-beda untuk tiap jenis perangkatnya. Bagi kamu yang doyan melakukan screenshot, tentu akan sangat menjengkelkan jika tiba-tiba di kala kamu sudah memencet tombol home dan volume down misalnya, muncul pesan error yang isinya ‘Could’nt capture Screenshot’.

Mungkin kamu menganggap enteng hal ini dan mencoba mengakalinya dengan beralih ke aplikasi screen shot pihak ke tiga, dan ternyata juga berhasil. Namun, apakah kamu tidak bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya? Error tidak bisa mengambil screenshot mungkin saja terjadi karena ruang penyimpanan sedang digunakan dan penuh, atau karena adanya error perizinan dalam ponsel yang menggunakan Android versi KitKat atau Lollipop. Untuk mengatasinya, berikut akan kami ulas solusi cara mengatasi pesan error ‘Cold’nt capture screenshot’ ;

# Solusi 1 : Reboot ponselmu (solusi yang paling umum dan mudah digunakan)

Jika pesan error ini muncul di semua aplikasi yang hendak kamu coba ambil screenshotnya, maka solusi yang paling mudah adalah untuk me-reboot ponselmu (mematikan, kemudian menyalakan ponsel kembali). Kamu cukup menekan tombol power agak lama, hingga muncul opsi ‘Restart’ atau ‘Reboot’ dan lakukan konfirmasi. Namun, jika cara ini tidak berhasil, maka cobalah untuk lakukan solusi ke dua berikut ini ;

# Solusi 2 : Hapus Dalvik Cache

Dengan menghapus dalvik cache, mungkin juga bisa untuk mengatasi masalah ini, caranya :

  • Download aplikasi Terminal Emulator dari ‘Google Play Store’.
  • Ketik ‘reboot recovery’ dan pencet tombol Enter.
  • Dari sana, pergi ke bagian ‘Advanced’ dan pilih ‘wipe dalvik cache’.
  • Konfirmasi proses wiping dan reboot ponselmu.

Jika kamu tidak telaten dan terbiasa menggunakan Terminal Emulator, maka kamu bisa menghapus Dalvik cache dari CWM (recovery mode). Didalam CWM Recovery terdapat pilihan untuk menghapus Dalvik Cache. Caranya kamu cukup masuk ke CWM, pilih Advanced lalu klik Wipe Dalvik Cache. Sesudah itu reboot kembali ponselmu.

Solusi No.3 : tidak ada solusi untuk mengatasinya dan kamu perlu tahu alasannya

Jika kamu sudah mencoba semua cara yang telah disebutkan di atas, namun pesan error nya masih saja muncul, maka ini disebabkan oleh adanya masalah privasi. Beberapa jenis aplikasi, seperti Vee, memiliki foto orang-orang yang diambil dari Facebook dan melindungi privasi mereka. Aplikasi Vee tidak mengizinkan kita untuk mengambil screenshot satu pun dari bagian apapun yang ada di aplikasi ini. Sehingga, segera setelah kamu mengambil screenshot dari aplikasi ini, maka pesan error ‘Couldn’t save screenshot. Storage may be in use’ akan segera muncul lagi. Tidak ada satupun aplikasi atau pun trik yang bisa mengatasi masalah tersebut. Jadi percuma saja jika kamu mencoba semua cara yang sudah disebutkan di atas.

Comments on this entry are closed.