Cara mengatasi error msvcr80.dll di Microsoft Office 2007

by aries on June 12, 2014

Setelah saya install Windows 7 secara otomatis semua program atau aplikasi yang ada di komputer kosong, dan saya harus install setiap program yang dibutuhkan. Salah satu program yang saya butuhkan adalah Microsoft Office 2007. Namun, pada saat proses intalasi ada pesan eror “Setup cannot find Office.en-usmsvcr80.dll” sehingga proses tidak bisa berjalan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi eror tersebut, berikut langkah-langkahnya;

Cara Mengatasi error msvcr80.dll di Microsoft Office 2007

Solusi pertama

Dari pesan error yang ditampilkan, ini mengindikasikan bahwa file msvcr80.dll tidak ada atau rusak sehingga proses install Microsoft Office 2007 terhenti. Cara mengatasinya adalah;

  1. download file msvcr80.dll dari situs http://www.dll-files.com/dllindex/dll-files.shtml?msvcr80, setelah itu copy dan paste ke folder Office.en-us.
  2. paste juga file msvcr80.dll tersebut ke system 32 pada Windows XP, Vista, atau 7.
  3. lanjutkan lagi proses install Microsoft 2007 tersebut dengan klik Ok dan lihat apa yang terjadi.
  4. jika sukses, saya ucapkan selamat dan tidak usah menggunakan solusi yang kedua.

Solusi kedua

Jika dengan cara di atas, proses instalasi tidak bisa dilanjutkan dan pesan erornya masih tetap sama. Maka, ada kemungkinan file system windows bermasalah atau adanya malware pada windows tersebut. Cara mengatasinya;

  1. gunakan sebuah program untuk mengoptimalkan system windows, seperti TuneUp Utilities, PC Unleashed, CCleaner atau sejenisnya.
  2. setelah problem diatasi dengan program tersebut, coba install lagi Microsoft Office 2007.
  3. kalau masih tetap bermasalah dengan muncul pesan eror yang sama, coba install Microsoft Office 2007 tersebut di komputer lain (dalam hal ini saya gunakan komputer dengan OS Windows XP).
  4. jika ternyata bisa, berarti windows yang pertama (Windows 7) tadi yang bermasalah. Jadi solusinya adalah install ulang windowsnya dulu. Tapi sepertinya kemungkinan ini kecil mengingat saya baru saja install windows 7 seperti yang saya jelaskan di atas.
  5. jadi besar kemungkinan software Microsoft Office tersebut yang bermasalah, file korup, rusak atau yang lainya. Untuk itu, silakan baca solusi yang ketiga.

Solusi tiga

Melihat permasalahan yang seperti ini, berarti kita harus punya software Microsoft Office 2007 yang fresh, bisa kamu download di situs resimnya atau pinjam tetangga sebelah :). Setelah punya, lakukan instalasi Microsoft Office tersebut. Ketiga solusi tersebut telah saya lakukan dan saya dokumentasikan berupa video berikut ini.

Kesimpulan

Permasalahan ini saya alami dan semua solusi sudah saya coba yang akhirnya terpecahkan sampai tahap solusi yang ketiga. Ada baiknya kamu mencoba solusi di atas secara berurutan karena setiap permasalahan yang terjadi berbeda-beda dan kita belum tahu persisnya. Jika memang dengan ketiga solusi tersebut tidak bisa, silakan beritahu saya dengan mengisi kolom komentar yang telah disediakan. Jangan lupa, sertakan pesan erornya juga ya. Terima kasih

Comments on this entry are closed.