Cara Mengatasi Flash Disk Tidak Terbaca di Komputer

by Ummy Tsabit on February 12, 2016

Apakah kamu pernah mengalami, ketika kamu sedang menancapkan flash disk ke komputer, namun kamu mendapatkan pesan eror “USB Flash drive not detected”, padahal biasanya flash disk milikmu bisa terbaca dan normal-normal saja? Jika kamu mengalami hal tersebut, maka berikut ini akan kami ulas mengenai bagaimana cara mengatasi maslaah yang sering terjadi ini dan bagaimana caranya flash diskmu bisa terdeteksi dan berfungsi sebagaimana mestinya ;

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Alasan mengapa komputermu tidak bisa mendeteksi sebagaimana mestinya mungkin disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya, karena memang flash disk sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca lagi, adanya masalah driver yang mencegah perangkat untuk terinstal dan bisa terdeteksi secara normal, port USB (tempat untuk mencolokkan USB) sudah tidak berfungsi lagi, atau juga bisa disebabkan oleh masalah lain yang akan kita gali lebih dalam pada bahasan dibawah ini ;

Cara mengatasi masalah Flash Disk tidak terbaca di komputer

Jadi, jika flash disk milikmu tidak terbaca di komputer, maka ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya agar bisa terbaca kembali ;

  • Dalam sebagian besar kasus, port USB untuk menancapkan Flash Disk bisa jadi biang keroknya. Hal ini dikarenakan port USB sudah tidak berfungsi lagi karena sudah soak. Sebagai solusinya, coba colokkan flash disk ke port USB yang lain yang bisa diakses. Jika itu berupa desktop, maka port USB yang ada di bagian belakang PC akan lebih bisa diandalakan. Jika flash disk mu memiliki indikator lampu LED, maka pastikan pula apakah lampunya menyala dan berkedip, karena biasanya hal itu terjadi jika flash disknya terbaca.
  • Atau bisa jadi ada masalah dengan hardware komputermu. Maka, coba colokkan flash disk ke komputer yang lain untuk mengeceknya.
  • Jika cara diatas masih belum juga berhasil mengatasinya, maka dengan flash disk masih dalam keadaan tertancap di PC, pergilah ke Control panel Windows dan ganti penampilannya menjadi mode klasik. Lalu pilih Administrative Tools dan pilih Disk Management. Atau yang lebih cepat dengan menggunakan perintah tombol ikon Windows + R dan ketikkan diskmgmt.msc. Sekarang kamu akan bisa melihat semua drive yang terhubung ke komputermu. Lalu cari drive yang ditandai dengan “Removable” namun tidak memiliki letter (Huruf) untuk menjadi lokasi drive yang lainnya. Jadi pastikan flash disk tersebut sudah memiliki letter sehingga bisa terdeteksi sistem. Jika belum, maka klik kanan pada drivenya dan pilih “Change Drive Letter and..”lalu klik “Add” dan beri huruf yang bisa muncul di My Computer. asalkan jangan gunakan hurf A atau B, jadi ganti dengan huruf lain misalnya E, G atau H. Jika flash disk mu ternyata tidak terbaca, maka bisa jadi flash diskmu memang benar-benar sudah rusak secara fisik.
  • Jika masih gagal, coba pergi ke control panel, dan pilih System lalu Device Manager di panel sebelah kiri. Lalu cari : Disk Drives dan temukan USB Flash drive yang terhubung dan teliti apakah ada tanda berwarna kuning. Jika ternyata ditandai dengan tanda silang merah maka mengindikasikan bahwa flash disk nya tidak terinstal atau terinstal tidak sebagaimana mestinya. Lalu, klik kanan dan pilih Uninstal. Selanjutnya pergi lagi ke urutan item yang paling pertama dalam daftar dan klik kanan. Pindai apakah ada perubahan hardware yang mungkin bisa mencari dan mengenali flash disk milikmu, dan akan mendeteksinya.

Jika kamu sudah melakukan semua cara diatas, namun tetap saja masih belum terbaca, maka ada baiknya jika kamu melakukan format pada flash diskmu, tapi dengan resiko semua data yang ada didalamnya akan hilang. Jadi, terlebih dulu sebaiknya jalankan program file recovery pada flash disk yang tidak bisa diakses untuk langkah penyelamatan data penting.

Comments on this entry are closed.