Cara Mengatasi Google Play Store Error

by aries on September 12, 2014

Jika kamu memiliki smartphone Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur layanan andalan Google, Play Store. Dengan adanya Play Store, kita dapat mengunduh berbagai aplikasi baik secara gratis maupun berbayar. Namun, pernahkah kamu mengalami masalah saat akan membuka Play Store karena tidak berfungsi sama sekali atau muncul informasi yang memberitahukan bahwa Play Store sedang bermasalah? Jika pernah, berikut akan kami ulas beberapa tips sederhana untuk mengatasi masalah tersebut:

Cara Mengatasi Error Pada Google Play Store

  1. Hapus Cache atau data sementara

Pada kebanyakan kasus, error pada Google Play Store bisa diatasi dengan cara membesihkan cache alias area penyimpanan data sementara agar bisa dibaca diwaktu yang lain dengan lebih cepat. Terkadang, ada beberapa data yang mengganggu data yang lain. Untuk itu, cache tersebut perlu dibersihkan. Caranya, masuk ke Settings>Apps, geser ke bagian All, cari Google Play Store, tekan Clear Cache. Jika masih macet, hapus pula data sementara yang masih tersimpan. Caranya, masuk ke menu Settings>Apps>All>Google Play Store, pilih Clear Data.

  1. Hapus cache pada Google Play Services

Kamu juga harus mencoba mengkosongkan data cache yang terdapat pada Google Play Service. Caranya, masuk ke Settings>Apps>All>Google Play Service, dan hapus datanya. Lakukan hal serupa pada Google Service Framework.

  1. Hapus dan pasang kembali akun Google milikmu

Caranya, masuk ke menu Settings>Accounts>Google. Tekan kembali akun Googlemu, pada pilihan Sync, tekan tombol fisik Menu pada smartphonemu, dan pilih Remove Account. Untuk konfirmasi, tekan sekali lagi. Setelah itu, reboot kembali smartphonemu, dan pasang kembali akun Googlemu dengan cara masuk Settings>Account>Add Account>Google.

  1. Periksa waktu & tanggal

Penyebab lainnya dari errornya Google Play Store adalah waktu dan tanggal yang tidak akurat, karena jika hal itu terjadi maka system tidak akan berfungsi dengan semestinya. Pastikan jam, tanggal, dan bulan sesuai dengan tahunnya. Atau jika ada, pilih opsi Automatic Date & Time.

Jika semua cara diatas masih belum berhasil, maka solusi terakhir yang terpaksa harus dilakukan adalah, melakukan Factory Reset. Memang cara ini agak merepotkan, karena kita harus mem-back up data-data penting terlebih dahulu. Dengan melakukan proses ini, maka semua data yang ada akan terhapus dan Android akan kembali seperti semula pada waktu baru membeli Smartphone. Pastikan kamu sudah mem-backup data penting ke perangkat yang lain. Untuk mereset, kamu bisa masuk ke menu Settings>Personal>Privacy>Factory Data Reset. Nanti akan muncul pilihan konfirmasi untuk menghapus seluruh data dan akun yang ada. Tekan Reset Phone untuk memulai, tunggu hingga selesai. Aktifkan kembali akun Googlemu untuk menjalankan Google Play Store.

Comments on this entry are closed.