Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

by Ummy Tsabit on April 8, 2016

Kita semua pernah mengalami Google Play Store masalah di beberapa titik. Apakah masalah adalah pesan kesalahan saat men-download aplikasi, atau Play Store hanya tidak akan membuka, kami memiliki solusi. Inilah yang dapat Anda lakukan ketika Google Play Store tidak bekerja untuk Anda.

Bagi kamu para pecinta Android, tentu tak bisa dipisahkan dari yang namanya Google Play Store bukan? Yoko online milik Google ini menyediakan berbagai macam jenis aplikasi dan game melimpah bagi para pengguna setia Android. Namun pada suatu waktu, tentu kita semua pernah mengalami adanya masalah di Google Play Store. Adakalanya problemnya adalah adanya pesan error ketika mendownload aplikasi, atau Google Play tidak mau terbuka. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, kami punya solusi lengkapnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika Google Play Store tidak mau berfungsi seperti biasanya :

Bersihkan cache Google Play Store

Dalam sebagian besar kasus, kamu bisa membuat Play Store berfungsi kembali hanya cukup dengan mengosongkan cache nya. Cache adalah tempat penyimpanan yang sementara menyimpan data sehingga dapat cepat diambil tanpa perlu dimuat ulang. Untuk mengosongkan cache caranya:

Pergi ke Settings > Apps. Tap All > Google Play Store lalu tekan tombol Clear cache.

Bersihkan Data Play Store

Menghapus data dari Play Store ini mirip dengan tips pertama yang sudah disebutkan di atas (clear cache) tapi lebih drastis. Tindakan ini akan menetapkan aplikasi kembali ke titik awal dan menghilangkan informasi yang tersimpan, mudah-mudahan juga termasuk data apa pun yang menyebabkan masalah.

Untuk membersihkan data Play Store : Seperti dengan tips sebelumnya, pergi ke Settings> Apps> Google Play Store, namun kali ini ketuk ‘Clear Data’.

Uninstall update Play Store

Kadang-kadang, update untuk aplikasi Play Store justru akan menimbulkan lebih banyak petaka daripada kebaikan. Jadi jika ada kesalahan terjadi setelah update, masuk akal jika kamu menghapus pembaruan itu. Caranya :
• Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store, kemudian tekan tombol yang mengatakan Uninstall updates.tindakan ini akan mengembalikan Google Play kembali ke versi asli (seperti yang muncul ketika pertama kali diinstal pada perangkat mu),
• Selanjutnya, kamu akan perlu untuk menemukan versi aplikasi Play Store yang lebih lama – tapi masih cukup up to date – untuk didownload. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan pergi ke bagian halaman Google Play Store di situs Mirror APK dan kamu bisa download dari sana.

Hapus data dan cache di Google Play Service

Jika Google Play Store adalah jantung dari perangkat Android, maka Google Play adalah jiwanya. Play Service adalah latar belakang misterius yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian yang berbeda dari perangkat mu, memungkinkan mereka untuk melakukan sinkronisasi, mengirimkan push notification dan sebagainya.
Ada kemungkinan bahwa masalah yang ada di Play Store bisa berasal dari masalah dengan Google Play Services. Untuk mengatasi hal tersebut adalah:
• Buka Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Service kemudian tekan tombol Clear Cache. Jika gagal untuk memecahkan masalah, kembali ke halaman ini dan tekan juga tombol Clear Data.

Instal versi terbaru dari Google Play Services

Hal lain yang dapat membantu adalah untuk men-download dan menginstal versi terbaru dari Google Play Services. Versi terbaru dari software ini mungkin yang paling stabil, sehingga bisa berguna untuk tetap diperbarui.

Reset akun Google di ponselmu

Kita sekarang menuju ke solusi yang sedikit lebih drastis. Jika aplikasi Play Store masih tidak bekerja, maka kamu mungkin perlu untuk menyegarkan akun Google mu di perangkat Android milikmu. Untuk melakukan hal ini, hapus akun lamamu dan kemudian tambahkan lagi. Caranya :
• Buka Setting> Account lalu ketuk Google.
• Ketuk akun Google yang ingin kamu hapus, kemudian tekan ikon menu (tiga titik) di bagian kanan atas dan tekan Remove. Lakukan ini untuk setiap akun Google pada perangkat mu.
• Selanjutnya, pergi ke Settings> Account> Add Account> Google dan ikuti langkah-langkah yang tertera di layar untuk menambahkan kembali akun mu.

Aktifkan Download Manager

Ada kemungkinan bahwa Play Store akan berhenti bekerja jika download manager dinonaktifkan. Jika hal ini terjadi, solusinya cukup sederhana, yakni :
• Buka Setting> Apps/ Application Manager> All> Download Manager.
• Jika Download Manager dinonaktifkan, maka kamu akan melihat tombol ditandai dengan tulisan  ‘Enable’ (Aktifkan). Cukup tekan tombol ini untuk menyalakan Download Manager kembali. Jika semua yang kamu lihat adalah tombol untuk ‘Force Stop’ dan ‘Disable’ (mungkin berwarna abu-abu), maka Download Manager tidak dinonaktifkan dan kamu bisa mengesampingkan kemungkinan ini.

Lakukan Factory Reset pada smartphonemu

Jika kamu masih menghadapi masalah setelah mencoba semua hal di atas, maka kamu mungkin tidak ada pilihan lain kecuali melakukan reset pabrik. Waspadalah bahwa semua data mu akan hilang, sehingga lakukan backup data secara lengkap terlebih dahulu. Untuk melakukan factory reset:
• Buka Setting> Backup & reset, maka pastikan slider Backup my data sudah dalam posisi On. Tekan Back up account untuk memilih akun yang dibuat untuk mem-backup data.
• Setelah kamu melakukan ini, pergi ke menu Backup & reset dan tekan tombol ‘Factory Data Reset’ di bagian bawah. Konfirmasikan bahwa kamu ingin melakukan hal ini, dan ponselmu akan kembali seperti baru. Data-datamu akan dikembalikan lagi bila kamu login kembali ke account Google yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Untuk pengguna root : edit file host

Jika Play Store tidak mau dibuka pada perangkatmu yang sudah di root, maka kamu memiliki solusi yang lebih sederhana di genggamanmu : cukup dengan modifikasi file Host mu, untuk memperbaiki dengan  cepat. Caranya :
• Buka file manager pilihan yang kamu gunakan, lalu arahkan ke syistem / etc / hosts dan pilih opsi Edit (ini akan bervariasi antar perangkat).
• Tambahkan hashtag (#) di depan set angka kedua dan simpan perubahannya (yaitu perubahan dari 127.0.0.1 ke # 127.0.0.1). Reboot perangkat mu, tambahkan kembali akun Google mu dan masalah Google Play Store semestinya bisa diperbaiki.

Comments on this entry are closed.