Cara Mengatasi IMEI Null Advan S4M

by aries on July 28, 2016

Seperti kita ketahui chipset untuk operasi system Android memiliki banyak sekali jenisnya. Diantaranya adalah MTK, Qualcomm, Intel, Spreadtrum dan lain-lain. Dari sekian chipset yang ada, Android dengan chipset atau prosesor MTK adalah yang paling sering mengalami masalah invalid imei setelah melakukan hard reset ataupun flash ulang. Meski Android MTK rentan mengalami invalid imei, namun cara mengatasinya relatif lebih mudah daripada Android dengan chipset non MTK.

Bicara mengenai masalah IMEI Null atau Invalid IMEI, saya jadi teringat Advan S4M yang mengalami masalah tersebut setelah selesai diflash.  Kalau sudah demikina bagaiamana cara mengatasi IMEI Null Advan S4M tersebut? Penasaran, simak berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Alat tempur sama persis dengan alat tempur untuk flash Advan S4M. Hanya saja ada tambahan satu file, yakni NVRAM.bin yang bisa Anda download dari sini. Jangan lupa ekstrak file setelah selesai download
  2. Buka ResearchDownload.
  3. Klik roda bergerigi yang pertama lalu masukkan file firmware (ekstensi .pac)
  4. Tunggu sampai  ResearchDownload berhasil me-load firmware tersebut.
  5. Buka roda bergirigi yang kedua, kemudian hilangkan centang pada bagian Select All Files, secara otomatis hanya dua yang tercentang (bagian atas)
  6. Kemudian centang pada bagian paling bawah (UBOOT_LOADER)
  7. Centang juga pada bagian “NV_W” dan klik pada Patch-nya untuk memasukkan file NVRAM yang sudah kita ekstrak tadi.
  8. Kemudian pada tabulasi Backup, hilangkan semua centang ya ada.
  9. Setelah itu, klik OK lalu klik pada bagian tombol Play.
  10. Langkah selanjutnya, Advan S4M dalam keadaan off sambil ditekan tombol volume atas koneksikan ke PC dengan kabel USB.
  11. Setelah muncul Passed, cabut kabel USB, lepas dan pasang baterai lalu coba nyakan Advan S4M-nya.
  12. Langkah berikutnya coba cek IMEI dengan menekan *#06#, secara otomatis IMEI advan S4M sudah muncul (tidak IMEI Null).

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi IMEI Null Advan S4M, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Metode fix IMEI Android dengan chipset Spreadtrum seperti ini tidak mengharuskan (bahkan tidak perlu) untuk melakukan rooting pada Android tersebut. Karena metode ini bisa dikatakan sama seperti proses flash Android Spreadtrum.

Comments on this entry are closed.