Cara Mengatasi Invalid IMEI Evercoss A12

by aries on August 10, 2015

Ceritanya kemarin saya dapat orderan servis Evercoss A12 yang tiba-tiba bootloop dari teman saya. Pertama-tama, saya mencoba memperbaikinya dengan metode Flash melalui Flash tool. Cara ini berhasil, namun setelah dihidupkan ternyata HH-nya mengalami Invalid IMEI sehingga tidak bisa menerima atau digunakan untuk menelepon dan SMS. Percuma dong, punya ponsel menyala tapi gak bisa buat telepon atau SMS-an. Kemudian, saya pakai alternatif cara lain dengan Flash menggunakan CWM, siapa tahu hasilnya berbeda. Namun, ternyata hasilnya sama saja. HH tetap tak bisa buat nelepon dan SMS-an.

Setelah lumayan agak frustasi mikirin masalah ini, saya teringat dulu pernah mengerjakan servisan HH, namun mereknya Lenovo A390i yang juga mengalami Invalid IMEI. Waktu itu saya menggunakan metode MTK Enginer Mode, siapa tahu juga bisa berhasil diterapkan di Evercoss A12 ini. Setelah saya coba, waduh! ternyata masih tetap saja belum berhasil.

Hampir putus asa, saya akhirny coba Googling mencari cara-cara lain yang mungkin bisa digunakan untuk mengatasi masalah Invalid IMEI ini. Lalu, saya coba memakai metode MTK Droid Tool. Dan alhamdulillah, setelah mencoba cara yang terakhir ini, masalahnya bisa teratasi. Yes! Jadi juga bayaran..hehehehe.

Wah, kok jadi curhat jadinya. Oke, jika kamu juga mengalami masalah yang sama dengan yang saya alami, yakni Invalid IMEI, dan juga telah mencoba berbagai macam cara namun tetap saja belum berhasil, maka cobalah menggunakan metode MTK Droid Toll. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan HH sudah diroot, jika belum kamu bisa root menggunakan KingoRoot.
  2. Catat IMEI yang ada dibelakang baterai, semuanya jika dual SIM.
  3. Download ADB driver dari http://bit.ly/1EiSfac, ekstrak lalu install. Tujuannya adalah supaya HH bisa kedetek oleh PC.
  4. Downloan juga MTK Droid Tool dari http://bit.ly/1N2UF4f
  5. Dalam keadaan HH nyala, colokkan USB ke PC. Sehingga terdeteksi detil device seperti gambar di bawah ini
  6. Replace IMEI ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah masuk ke mode Root Shell. Caranya, klik Root. (lihat gambar di atas)
  7. Jika gagal akses Root Shell dengan pesan eror “ATTENTION! Request for confirmation on the device screen are possible!” cabut dulu kabel usb-nya lalu keluar dari aplikasi MTK Droid Tool.
  8. Buka lagi MTK Droid Toolnya lalu pasang kabel USB-nya, maka kita sudah bisa akses Root Shell.
  9. Klik IMEI/NVRAM, masukkan IMEI 1 & IMEI 2 ke form-nya masing-masing lalu klik Replace IMEI.
  10. Klik Yes, pada kotak dialog ya ditampilkan lalu pilih OK.
  11. Klik Reboot yang ada di bagian bawah sebelah kanan, lalu klik Reboot lagi pada kotak dialog yang ditampilkan.
  12. Setelah HH nyala, ketik *#06# untuk cek IMEI. Pasti tidak Invalid IMEI lagi. Kalau masih tetap gak bisa, coba hubungi saya pada kolom komentar yang telah disediakan.

Untuk mempermudah sekaligus sebagai bukti bahwa tutorial ini berhasil untuk mengatasi masalah Invalid IMEI Evercoss A12, berikut kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Jika kamu mengalami masalah yang sama, bisa gunakan cara di atas kalau memang Androidnya berchipset MTK. Jadi tidak hanya tertentu pada Evercoss A12 ini saja

eko September 20, 2015 at 12:09 am

Gan, itu ga bisa permanen, kalo yang permanen gmna caranya?

Ummy Tsabit October 24, 2015 at 9:46 pm

Maksudnya permanen, maaf saya baru denger istilah permanen untuk invalid IMEI. yang saya tahu CWM permanen ma ada.

moeh September 26, 2015 at 4:38 pm

gak bisa gan saya coba ke evercos a28m
ada tulisan muncul seperti ini —>>> Connect to device <<<—
— ERROR :pttycmd1 device NOT found!

Ummy Tsabit September 26, 2015 at 8:12 pm

Melihat pesan eror tersebut, HH belum terdeteksi oleh MTK droid tool sehingga bahasnya adalah “device NOT found!”, mungkin kabel USB-nya atau plugin charger-nya mas.

fanny October 29, 2015 at 4:45 pm

work ni gan di lenovo ane, jadi ada imeinya .
cuma dia di menu mobile network –> mode, nah disini yang tertera cuma 1 provider doang, gak dua2nya.
contoh, sebelum imei dimasukin, yang nongol di menu diatas yaitu provider 3 soalnya pake kartu 3 sama indosat, nah indosat gak ada gan. setelah dimasukin imeinya yang 3 malah gak ada, yang ada cuma indosat. itu gimana ya

Aris Ahmad October 29, 2015 at 9:00 pm

Flash ulang saja lenovonya..

febri November 10, 2015 at 4:14 pm

saya sudah mengikuti langkah di atas yang telah di saran kan, tetapi setelah HH di reboot tetap IMEI invalid, mohon saran lebih lanjut.
terima kasih

tova November 20, 2015 at 3:30 pm

Gan hh ane udh di root tpi stelah root shell kan disuruh keluar dri aplikasi, stelah buka lagi sama aja gk dpt root shell gan gk berwarna ijo ttp kuning

Aris Ahmad November 22, 2015 at 12:05 am

dicoba lagi, tapi nggak usah keluar dari aplikais. tunggu aja smp keluar root shell

Ranisa November 27, 2015 at 7:30 am

Udah nyoba langkah diatas tp androidku masih invalid tu, apa setel ulang cuma root sma terlanjur invalid ngaruh bikin ga work ya ? Hp saya ninetology i8400, mohon bantuannya

Aris Ahmad November 28, 2015 at 9:13 am

Untuk kasus-kasus tertentu, terkadang tidak bisa dengan write IMEI, tapi harus restore IMEI. Seddangkan untuk restore IMEI secara otomatis kita harus punya file backup dari IMEI tersebut. Terjadi invaid IMEI setelah ngapain ya, flash atau custom rom..?

jhaelany November 29, 2015 at 12:02 pm

gan, saya sudah ikuti langkah-langkah itu tapi tetap saja invalid imei.. awal mula hp lenovo a369i error kena virus trs saya flash row_s110 dengan flash tool v5 dengan pilihan upgrade firmware karena pake menu download keluar tulisan error. dan flashing berjalan normal hp hidup tapi no sinyal / invalid imei. saya sudah root dengan kingroot, sudah pake mtk enginer masih belum bisa trs pake MTKdroid tool juga masih invalid.. mohon petunjuknya gan..?

Aris Ahmad November 29, 2015 at 8:02 pm

Harus di restore IMEI, kami punya file backup IMEI Lenovo A369I. Bisa hubungi kami via halaman kontak.
Thanks

WIDHI December 17, 2015 at 11:28 pm

Thank’s berat om… 2 hari pening nyari nyari yg laen gak bisa bisa.. disini alhamdulillah bisa thank’s om

novendra romantika January 3, 2016 at 11:15 pm

gan saya sudah work sampai no 12, tp pas saya replace imeinya, ada tulisan error : pttycmd1 not found gan, jadi gagal terus padahal adb Shellnya udah work, cara ngatasinya gmn ya gan.? mohon bantuannya.
terimakasih

Aris Ahmad January 4, 2016 at 8:53 am

Coba di hard reset dulu gan, lalu ulangi caranya di atas

Risky Chechoey January 21, 2016 at 4:53 pm

Gan hp sya sinyal nya penuh tapi pas nmor sya di hubungin sibuk.. sya cek pengaturan kata nya sambungan terputus.. cuman gara” sya pngaturan pabrik.. cra aktifin nya lgi gmna gan.. hp sya samsung s5 replika.
Mohon solusi nya gan..
Trim’s

hady January 25, 2016 at 1:52 am

bang kok saya gak bisa yah udah berhasil cuman imei nya masih gak ada ? gimana yah evercoss a5s punya saya

Aris Ahmad January 29, 2016 at 1:31 pm

coba pakai SN writer IMEI atau pake box, atau dengan metode restore imei, tapi harus punya file backup imei dari tipe hp yang sama

DikhyRizaldy January 28, 2016 at 12:48 pm

min saya udah coba seperti cara di atas setelah saya coba hanya sim 2 nya saja yang bisa sim satu nya masih tidak ada sinyal nya tapi pas saya chek IMEI di *#06# sim 1 dan 2 Ada nomer imei itu gmana solusi nya ya min, Saya coba di hp evercoss A12 saya min, Mohon pencerahan nya secepat nya min 😀

Aris Ahmad January 29, 2016 at 1:05 pm

Kalu buat sms dan telp kedua sim itu ttp berfungsi normal baikan saja pesan erornya.
tapi kalau tidak nyaman, bisa gunakan SN Writer IMEI

enc.zix January 31, 2016 at 1:33 am

Juragan,kali aja ada yg kasusnya sama, invalid imei sudah teratasi,tp hh tidak bisa buat tlphn(call anded) dan sinyal.internet tidak bisa, chek pulsa dan sms bisa

Aris Ahmad February 4, 2016 at 1:15 pm

Termasuk kasus aneh ini juragan..
baru kali ini saya tahu. Jadi mohon maaf belum bisa kasih solusi.

Namun, tidak ada salahnya mulai dari nol, artinya flashing ulang, terus di fix masalah invalid imei jika memang invalid.

muhammad dimas March 11, 2016 at 7:08 pm

bang ad gak imei samsung s5 ??

Aris Ahmad March 14, 2016 at 8:46 pm

S5 original belum ada bang.

Comments on this entry are closed.