Cara mengatasi Invalid IMEI Lenovo A369i

Beberapa hari yang ada yang nawarin smartphone Lenovo A369i dengan harga murah meriah. Hanya dengan harga 320 ribu saya bisa mendapatkan smartphone tersebut yang masih bagus dan bodipun masih mulus. Hanya saja, Lenovo A369i itu IMEI-nya hilang atau tidak valid (Invalid IMEI). Karena saya pernah sukses mengatasi masalah IMEI tidak valid, saya pun tetap membeli Lenovo A369i tersebut.

Cara mengatasi Invalid IMEI Lenovo A369i

Perlu dikatehui, masalah IMEI tidak valid atau invalid IMEI ini bisa diketahui dengan dua hal;

  1. SIM Card tidak terdeteksi sehingga otomatis sinyal tidak muncul.
  2. SIM Card tetap terdeteksi dan sinyalpun ada, hanya saja tidak bisa digunakan untuk komunikasi (baik sms ataupun telp). Hal ini biasanya kalau dibuat ngecek pulsa atau yang lainnya ada pesan eror “Connection problem or invalid MMI code” dalam bahasa Indonesianya “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”.

Untuk mengatasi hal tersebut, caranya adalah sebagai berikut;

  1. Pastikan nomor IMEI yang ada di balik batre smartphone sudah kamu catat sebelumnya.
  2. Masuk ke Engineer Mode, caranya ketik *#15963#*
  3. Jika dengan cara tersebut tidak bisa masuk ke Engineer Mode, maka install aplikasi MTKEngineerMode.apk yang bisa kamu download dari situs http://bit.ly/1ghBC99
  4. Buka MTK Engineer, lalu pilih MTK Setting [Lihat gambar di atas]
  5. Geser ke kiri untuk memilih tabulasi Connectivity, kemudian pilih CDS Information.
  6. Setelah itu pilih Radio information, maka akan muncul Phone 1 (untuk memasukkan IMEI dari Simcard 1) dan Phone 2 (untuk memasukkan IMEI dari Simcard 2).
  7. Pilih Phone 1, kemudian hapus tanda “+” pada AT+ lalu ketikkan “+” maka akan muncul AT+EGMR=1,7,””
  8. Pilih AT+EGMR=1,7,”” lalu masukkan IMEI dari simcard yang pertama diantara tanda kutip (AT+EGMR=1,7,”masukan imei disini”) lalu ketuk SEND AT COMMAND.
  9. Setelah muncul notifikasi AT command is sent, lakukan cara yang sama untuk Phone 2.
  10. Langkah terakhir, restart smartphone-nya dan lihat apa yang terjadi. Pasti masalah Invalid IMEI akan teratasi.

Namun untuk Lenovo A369i yang barusan saya beli ini gagal (IMEI tetap tidak valid), karena setelah melakukan langkah No. 11, sama sekali tidak ada notifikasi AT command is sent. Untuk itu, saya coba flash Lenovo A369i dengan firmware terbaru. Alhamdulillah berhasil dan IMEI terdeketsi baik untuk simcard 1 dan simcard 2.

Catatan: Cara mengatasi Invalid IMEI pada Lenovo A369i ini bisa juga diterapkan untuk smartphone lain dengan catatan berchipset MTK.

Untuk mempermudah tentang Cara mengatasi Invalid IMEI pada Lenovo A369i ini, sekaligus sebagi bukti, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

52 thoughts on “Cara mengatasi Invalid IMEI Lenovo A369i”

  1. hello, I just updated my Lenovo a369i to ROW 201. Problem now I got this invalid imei. I tried reflashing as what you did on the video and the result still the same. Any solution?

  2. Thanks Gan setelah saya coba langkah-langkahny Working 🙂 , but pas saya cek imei nya yang berhasil itu pada slot 1 dan itu pun yang terdeteksi imei 2. sedangkan imei di slot 2 masih invalid.
    Apakah ada solusi lain gan ? atau memang seperti ini ?
    Thanks Before 😉

  3. thanks brooooo……invalid imei pake mtk droid tool ane gak tembus…akhirnya ane ikutin saran agan…..software ulang DONE….semua kembali normal termasuk imeinya……success selalu gan….

  4. min di video mimin kan rownya s111 di flash menjadi row 201
    tetapi punya saya sebelumnya kena bootloop lalu saya flash menjadi 201 nah saat saya flash ImeInya invalid,jadi saya harus apa nih min?

  5. Makasih bos info nya memmbantu sekali. .
    Skrg ane bs internet pke kartu ap aj.
    Dlu wktu invalid imei ane cm bs internet hny dgn 1 kartu doang
    N bgi yg gagal untuk imei phone 2/1 cba slh satu d rubah pke At+1.11

  6. bos punya saya jg sama ama punya sibos gk ada at commain in sent nya…
    firmmwernya yg terbaru apa program yg bos pake sehingga bisa bos…?pusing we jdinya bos…

  7. Masukin imei udah pake banyak cara ga berhasil, akhirnya ikutin cara flash ke row 201 baru nongol tuh signalnya,,
    Sukses trus gann, thanks 🙂

  8. Saat saya klik phone 1 muncul unfortunately, common data servis has stoped, apa karena sistem operatsi androidnya yg rusak?

  9. Malem om,mohon bantuanbantuan,mau nanya nih,saya punya lenovo s850,pernah hardbrick gara2 pembaruan sistem,setelah saya flash ternyata ada beberapa langkah yg keliru,akhirnya setiap hh saya conect ke pc selalu usb not recognized,masalah lenovo seri ini batterynya non removable,itu kira2 gimana ya mengatasinya supaya bisa di flash lagi?,setelah bisa diflash malah invalid imei,saya coba cara diatas gagal om,saya pakai aplikasi chamelephone imei ada lagi tapi sinyal tetep ilang,kira2 solusinya gimana ya om?,maaf banyak nanya,sekiranya mau jawab saya ucapkan banyak trima kasih….nuwun

  10. Mtk droid tool sampun saya coba om,setiap pencet tab root srlalu eror,sudah saya ikuti langkah tetep kotak kuning gak bisa hijau,imei sudah ada,tapi sinyal masih belum muncul,apakah bisa diperbaiki dgn volcano box om,masalah sinyal hilang ini?,makasih sudah dijawab om

  11. Maaf om saya ada lenovo A536 setelah saya flash ternyata imei selalu tidak valid dan sudah saya cb dengan berbagai aplikasi dan sy cb pake mtk droid dan saya masukan imei bawaan lenovo nya cm ada jawaban This comand is not allowed in userbuild. Mohon bantuannya om

    1. Coba flash dulu dengan row yang berbeda, jika masih ttp invalid imei baru diatasi dengan ikuti tutorial di atas.

  12. gan saya, udah click Send At Command Nggak Bisa cuma kebales (This Cimmand is not Allowed In UserBuild) Gimana Tu Gan??

Comments are closed.