Cara Mengatasi Invalid IMEI Lenovo A390

by aries on October 4, 2015

Setelah kemarin malam saya posting di salah satu grup facebook mengenai jasa servis Android, seperti fix invalid IMEI, custom rom, flash Android secara online dan lainnya. Alhamdulillah pagi harinya langsung ada yang datang. Kerusakannya adalah masalah invalid IMEI pada smartphone Lenovo A390.

User call saya langsung dan mau menserviskan Lenovonya yang invalid imei itu dengan catatan prosesnya selesai hari itu juga tanpa harus meninggalkan hpnya (ditunggu hinga jadi). Tanpa pikir panjang, saya langsung meng-iyakan. 30 menit kemudian dia ke toko saya. Langsung saja saya mengeksekusi HP tersebut. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Untuk mengatasi invalid IMEI Lenovo A390 ini saya tidak menggunakan MTK Engineer Mode seperti yang saya terapkan pada Lenovo A369i.
  2. Saya langsung menggunakan MTK Droid Tool seperti yang yang terapkan pada Evercoss A12.
  3. Pertama, saya koneksikan Lenovo A390 ke PC, lalu saya buka Kingoroot. Tujuannya tentu saja untuk me-root  Lenovo A390 tersebut. Tapi ternyata, HP tersebut sudah di root. Seharusnya tadi saya cek dulu di menu, kalo sudah di root pasti ada ikon supersu atau superuser. Tapi ini tidak saya lakukan, namanya juga keburu-buru. Apalagi ditunggu, jadi ya cepet-cepet biar segera jadi. Hehehe 🙂
  4. Setelah itu, saya coba matikan Lenovo A390 dulu, dan saya catat IMEI yang ada di balik baterai di notepad.
  5. Selanjutnya, saya koneksikan Lenovo A390 dalam keadaan On, lalu saya buka MTK Droid Tool.
  6. Setelah Lenovo A390 terdeteksi, saya klik Root agar bisa akses root shell. Lalu pilih Yes pada kotak dialog yang ditampilkan.
  7. Jika ada notifikasi ATTENTION! Request for confirmations on the device screen are possible!, lepas kabel dari PC, lalu close aplikasi MTK Droid Toolnya. Setelah itu, buka lagi aplikasinya dan koneksikan Lenovo A390 ke PC. Secara otomatis akan berhasil akses root shell pada Lenovo A390 tersebut.
  8. Klik IMEI/NVRAM, pada kotak dialog yang muncul. Copy IMIE 1 yang sudah dicatat di notepad tadi lalu paste di form IMEI 1 yang telah disediakan. Lakukan hal yang sama untuk IMEI 2.
  9. Setelah itu klik Replace IMEI, pada kotak dialoag yang ditampilkan klik OK.
  10. Selanjutnya klik Reboot. Secara otomtis Lenovo A390 akan melakukan restart. Setelah nyala, coba cek imei dengan cara ketik *#06#.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi invalid IMEI Lenovo A390, berikuti ini saya sertakan pandaun berupa tutorial videonya.

Agung February 10, 2016 at 9:08 pm

Thank You Mase, berhasil!

Comments on this entry are closed.