Cara Mengatasi Keyboard Android yang Error

by Siti Eka Kurniati on December 24, 2015

Saat kamu bermain game ataupun chatting dengan teman kamu di dunia maya pastinya kamu sering lupa waktu dan karena saking asyiknya, ponsel kamu sampai panas. Dan saat kamu sedang menekan-nekan keypad ponsel kamu tapi pada kotak pesan yang ingin kamu tulis tidak muncul apapun hanya garis lurus kecil berkedip saja, tentu kamu akan heran karena garis lurus kecil yang biasanya menuliskan huruf yang kamu tekan , namun kali ini tidak.

Saat itu terjadi tentunya kamu akan kesal, jengkel atau apapun lah yang saat itu kamu rasakan. Atau bahkan saat itu kamu sedang membutuhkan balasan fast respon dari orang yang chatting dengan kamu. Kekesalanmu juga bukan hal yang aneh, karena saya juga pernah merasakan hal yang sama.

Masalah ini terjadi karena touch screen kamu mengirimkan instruksi ke Kernel kemudian dilanjutkan ke Software Keypad. Namun tidak direspon, dan tidak ada feedback atau timbal balik. Masalah ponselyang keyboard keyboardnya error ini juga sering dikeluhkan oleh beberapa orang. Maka untuk itu saya mencoba untuk mencari solusinya.

Ada dua cara untuk mengatasi  Keyboard Android yang error yaitu Android Samsung dan Android Universal adalah sebagai berikut :

1. Keypad Samsung error

Hal ini terjadi karena Samsung Keypad tidak menerima informasi dari Touch Screen dengan benar maka kita perlu menanganinya langsung ke Samsung Keypad. Mengapa? Karena dimungkinkan Samsung Keypad menerima instruksi terlalu banyak sehingga data cache yang tersimpan terlalu banyak. Apabila hal tersebut terjadi maka Samsung Keypad masih tidak akan merespon perintah anda.

Setting > Apps > Samsung Keypad > Clear Data

Namun jika masalah itu masih berlanjut atau kamu adalah pengguna ponsel Android tipe lain, maka kamu bisa mencoba alternatif berikut.

2. Gunakan Google Keyboard

Apabila keyboard kamu masih sering error, maka cobalah untuk menggunakan alternatif keyboard lain. Misal pakailah Google Keyboard, yang bisa kamu download di https://goo.gl/ZmU5F , yang bisa kamu download secara gratis.

Setelah kamu download, silakan langsung diinstal saja. Setelah itu lakukan langkah berikut.

Setting > Language & Input > Google Keyboard (atau apapun yang kamu mau pakai)

Sebelum kamu mencobanya, restart dulu ponsel kamu agar kinerja Keyboard lebih efektif.

Demikian pilihan cara yang kamu bisa terapkan. Atau kamu bisa hanya me-restart ponsel kamu saja apabila masalah keyboard error di ponsel kamu tidak terlalu bermasalah atau mengganggu kegiatan kamu.

Comments on this entry are closed.