Cara Mengatasi Lenovo A369i ENABLE DRAM FAIL (4032)

by aries on December 17, 2015

Kurang lebih dua minggu yang lalu ada user yang kontak saya menanyakan masalah Lenovo A369i yang mengalami “BROM ERROR: S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032)”. Pesan eror ini tetap saja muncul meski sudah menggunakan beberapa firmware Lenovo A369i, baik yang ROW S108, ROW S110, bahkan yang ROW S210.

Untuk itu, saya menyarankan flash dengan preloader hasil backup dari Lenovo A369i yang lainnya. Artinya jika kita punya HP Lenovo A369i lain yang masih normal, lakukan backup rom dengan MTK droid tool. Hasil backup tersebut, ambil file scatter dan preloadernya untuk flashing.

Berhubung user tersebut tidak mempunyai file preloader dari hasil backup, untuk itu kami sepakat melakukan flash Android secara online, berikut langkah-langkahnya;

  1. Download dulu MTK driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN lalu install
  2. Download SP Flash Tool dari situs http://bit.ly/1E9FgYl
  3. Download preloader Lenovo A369i dari situs http://bit.ly/2akLIrP [password, hubungi kami via halaman kontak]
  4. Buka SP Flash Tool, lalu klik Scatter-loading dan pilih file scatter dari folder preloader yang sudah kita dowbload tadi. Setelah itu klik Download – dalam keadaan tanpa baterai, koneksikan HP ke PC lalu pasang baterainya. Jika install MTK driver sudah benar secara otomatis proses flash prloader akan berjalan.
  5. Jika setelah klik Download di SP Flash Tool muncul notifikasi SP Flash Tool Error: (8038). Lakukan langkah format dulu seperti Cara Mengatasi Error “PMT changed for the ROM”. Selanjutnya ulangi langkah No. 4
  6. Proses flash preloder akan sukses jika muncul lingkaran berwarna hijau.
  7. Selanjutnya, kita flash ulang dengan firmware Lenovo baik yang ROW 201, 110 ataupun 108.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi “BROM ERROR: S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032)” pada Lenovo A369i, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Flash Lenovo A369i tersebut sukses dan HP kembali normal. Sayang saat dihidupkan HP tersebut langsung mati jika kartu SIM dipasang. Sedangkan jika kartu SIM dilepas, HP normal seperti pada umumnya.

Berdasarkan pengalaman, saya memberikan solusi untuk ganti baterai. Karena ada kemungkinan voltage batre tersebut sudah lemah sehingga tidak bisa menahan beban voltage yang bertambah saat SIM Card dimasukkan.

End January 17, 2016 at 5:51 pm

Gan. Ane mau pesen PRELOADER lenovo a369i. Tp ane gk tau ni pake Row berapa. Gimana gan ?

Aris Ahmad January 21, 2016 at 2:28 pm

Preloader yang saya punya tidak bisa jamin cocok untuk HP agan, krn hal ini tergantung dengan row yang dulu agan pakai. sudah ada yang request preloader ini, ada yang sukses ada juga yang enggak gan.

iwan March 8, 2016 at 12:02 am

mantap

Comments on this entry are closed.