Cara Mengatasi Masalah Duplikat Kontak Android

by Ummy Tsabit on November 21, 2015

Duplikat kontak atau nomer kontak yang dobel-dobel di Android memang menjadi masalah yang mengganggu. Masalah ini biasanya akan muncul setelah kita melakukan restore data seusai hard reset atau proses flashing. Daftar kontak akan menjadi sesak dan berantakan. Dan, dalam rangka agar membuat ponselmu kembali tertata dengan sempurna, kamu harus terlebih dulu mengatasi masalah duplikat kontak Android ini. Menghapus semua kontak satu per satu akan banyak menghabiskan waktu dan merepotkan, jadi kali ini akan kami ulas tentang bagaimana cara menghapus duplikat kontak dengan menggunakan metode yang mudah dan cepat berikut ini:

menghapus duplikat kontak

Cara menghapus duplikat kontak Android

Untuk menghapusnya dari perangkat Androidmu, maka kamu bisa memilih antara tiga metode yang berbeda. Kamu bisa melakukannya dari menu “kontak” di ponselmu, menggunakan Gmail, atau kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang khusus dirancang untuk menghapus kontak yang ganda.

Metode 1 : Menghapus duplikat kontak Android dari aplikasi ‘kontak’

Metode penggabungan kontak Android ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana. Yang kamu perlukan di sini adalah dengan membuka aplikasi “kontak” pada perangkat Androidmu klik pada tombol menu (berupa ikon tiga titik memanjang), lalu pilih opsi “Merge accounts“, lalu pilih  “Merge From Google”. Jendela baru akan muncul, dan kamu akan melihat pesan : ‘Your device contacts will be merged with contacts from your Google account’, lalu tekan OK. Metode ini akan berhasil jika perangkatmu dilengkapi dengan fitur penggabungan (merging).

Metode 2 : Menghapus duplikat kontak Android dari Gmail

Jika perangkat Androidmu ternyata tidak memiliki fitur merge accounts, maka kamu bisa menghapus duplikat kontak menggunakan komputermu. Pertama-tama, login dulu ke akun Gmailmu, lalu klik pada menu Gmail, yang terletak di pojok kiri atas. Saat menu dropdown terbuka, pilih Kontak. Sebuah halaman baru akan terbuka, lalu pilih “Find Duplicates” dan Google akan mencari beberapa entri tertentu yang memiliki detil yang sama (seperti nama atau nomer telepon).

Selanjutnya, setelah semua duplikat kontak muncul, klik “Merge” di bagian pojok kanan atas untuk menggabungkan grup tertentu dari salah satu kartu SIM atau tekan “Merge all” untuk melakukan semua prosedur pada semua kartu. Alternatif lain, kamu bisa secara manual memilih satu per satu kontak dari daftar utama kontak dengan menggunakan kotak centang, lalu kamu bisa pilih merge atau delete dengan men-tap ikonnya yang berada di atas.

Metode 3 : Menghapus duplikat kontak Android menggunakan aplikasi pihak ke tiga

Sekarang ini, kamu sudah bisa menemukan aplikasi yang bisa digunakan untuk tiap-tiap tugas, tak terkecuali untuk menghapus duplikat kontak. Ada beberapa aplikasi bagus yang akan membantumu dalam mengorganisir daftar kontakmu, sehingga membuatnya rapi, bagus, dan bebas dari duplikat kontak.

Salah satunya adalah aplikasi Duplicate Contacts. Saat kamu menjalankan aplikasi ini, ia akan secara otomatis memilih semua duplikat kontak. Tentu saja, kamu bisa menghapus tanda centang pada kontak yang tidak ingin kamu hapus. Saat kamu sudah siap untuk membersihkan kontak yang berantakan, kamu tinggal tekan “Delete Selected” dan kemudia mengkonfirmasi penghapusan dengan mengklik ‘Yes’. Aplikasi Duplicate Contacts sangatlah simpel dan mudah digunakan, jadi kamu tinggal mendownloadnya di Google Play Store dan tugas tersebut akan diselesaikan dalam hitungan menit.

Comments on this entry are closed.