Cara Mengatasi Masalah Tethering WIFI di HP Android

by aries on May 24, 2016

Beberapa bulan yang lalu, kami telah share tentang Cara Melakukan Tethering di HP Android. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share penglaman mencoba melakukan WIFI Tethering namun selalu gagal.

Kronologinya seperti ini, saat portable hotspot saya aktifkan di Samsung Galaxy Young 2, dia tidak bisa dikoneksikan dengan laptop. Dari sini, ada tiga masalah yang perlu diperhatikan. Satu, bisa karena memang eror pada system Windows-nya terutama drive WIFI pada laptop tersebut. Dua, bisa saja yang eror adalah Samsung Galaxy Young 2-nya itu sendiri. Ketiga, hal sepelu yang perlu diperhatikan juga adalah, pastikan kouta atau paket internet pada HP Android tersebut masih ada. Mengapa saya katakan demikian, sebelum kita mengambil kesimpulan dini (kerusakan software dan lain-lain) alangkah baiknya dicek dulu apakah kuota internet masih ada.

Untuk yang ketiga ini saya skip, karena saya sudah memastikan bahwa paket internet masih banyak. Setelah itu, saya mencoba melakukan pengecakan pada laptopnya, ternyata memang benar laptop yang menggunakan Windows 7 itulah yang eror. Untuk itu saya install ulang Windows 7-nya.

Setelah install ulang Windows 7 selesai, saya coba aktifkan WIFI untuk kemudian dikoneksikan ke portable hotspot pada Samung Galaxy Young 2 tersebut. Dan ternyata, masih saja tidak bisa konek, padalah metode atau cara melakukan tehering di HP Android sudah benar, artinya tidak ada langkah yang salah.

Untuk itu, saya mencoba melakukan Hard Reset Samung Galaxy Young 2 tersebut. Namun, setelah HP kembali nyala saya koneksikan dengan Laptop tetap saja tidak bisa.

Saya mencoba aktifkan portable hotspot di HP Lenovo A7000. Setelah itu, laptop tersebut saya koneksikan dengan portable hotspot di Lenovo dan bisa konek. Berarti secara kebetulan juga pada Samsung Galaxy Young 2 tersebut mengalami kerusakan software sebagaimana Windows 7.

Setelah saya flash Samsung Galaxy Young 2, dilanjut dengan hard reset baru antara Laptop dan Samsung Galaxy Young bisa terkoneksi di jaringan portable hotspot (Wi-Fi Tethering)

Kesimpulan: Dengan kronologi diatas berarti secara kebetulan permasalahan Tethering WIFI di HP Android tidak bisa konek karena kedua system operasi tersebut (Windows dan Android) sama-sama mengalami eror atau kerusakan software.

Comments on this entry are closed.