Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Terhubung ke WhatsApp

by Ummy Tsabit on June 1, 2016

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messaging paling populer di Indonesia. Hampir semua pengguna Android, rata-rata sudah memasang aplikasi ini. Tampilan antarmukanya yang sederhana, fiturnya yang kaya, dan sangat mudah untuk di operasikan, menjadikan WA salah satu aplikasi messaging pilihan.

Namun meski begitu, WA tidak terlepas dari yang namanya masalah. Kita akan menemui beberapa kendala, diantaranya adalah kita tidak bisa terhubung ke WhatsApp. Jika kamu tidak bisa terhubung ke WA, hal ini biasanya dikarenakan kamu tidak memiliki koneksi internet yang aktif. Untuk mengeceknya, kamu bisa mencoba untuk menggunakan layanan online lainnya seperti BBM atau Facebook, atau cobalah browsing halaman web mana saja di ponselmu. Namun jika akses internetmu aktif dan masih tetap saja tidak bisa terhubung, maka kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa terhubung ke WhatsApp berikut ini :

  • Jika kamu menggunakan jaringan Wi-Fi, maka pertama-tama cobalah geser tombol koneksi on off, atau cobalah letakkan ponsel dalam mode Pesawat lalu keluarkan lagi. Alternatif lain, kamu bisa mencoba merestart ponselmu.
  • Pastikan pula jika ponselmu tidak berada dalam koneksi Wi-Fi ketika ponsel sedang dalam kondisi tertidur (sleep). Untuk melakukannya, pergilah ke menu Setting > Wi-Fi > lalu pilih opsi Advanced, dan pastikan bahwa opsi ‘Keep Wi-Fi on during sleep‘ diatur ke opsi ‘Always’.
  • Jika kamu yakin bahwa jaringan Wi-Fi mu tidak sedang dalam kondisi Down, maka kamu juga bisa mencoba untuk merestart router Wi-Fi mu.
  • Jika kamu menggunakan kuota paket data seluler, maka pastikan apakah koneksi mobile datamu tidak dalam keadaan mati (off) yang bisa kamu lihat di Setting dan sebenarnya kamu memiliki sinyal internet yang mencukupi.
  • Kamu sebaiknya juga memeriksa apakah kamu tidak memiliki penggunaan paket data yang dibatasi untuk WA di bagian menu Data Usage, dan settingan APN mu sudah dikonfigurasikan dengan benar. Jika kamu bisa menggunakan WA melalui Wi-Fi namun tidak melalui jaringan mobile mu, maka ada kemungkinan setingan APN tidak dikonfigurasikan  untuk mengizinkan traffic non web.
  • Jika kamu sudah memastikan bahwa koneksi internetmu aktif, langkah selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa kamu telah mendownload update terbaru untuk WhatsApp. Untuk mengecek apakah ada update aplikasi, maka bukalah Google Play Store, tekan ikon tiga titik vertikal dan pilih Myapps, lalu periksa tabulasi ‘Installed’ untuk memberikan info tentang aplikasi apa saja yang meneydiakan update terbaru.

Jika aplikasi WA tetap saja tidak mau bekerja, maka cobalah untuk uninstall dan menginstal ulang aplikasi WA. Kamu mungkin akan kehilangan percakapan apapun yang kamu punya sebelumnya di WA, namun kamu bisa membackup  percakapan WA dengan cara pergi ke Setting > cari aplikasi WhatsApp, dan pilih Preferences, lalu pilih Backup conversation.

Comments on this entry are closed.