Cara Mengatasi Mi4c TWRP Touchscreen Tidak Berfungsi

by aries on March 14, 2017

Beberapa hari yang lalu masuk lagi servisan MI4C yang ingin ganti ROM Global. Sebenarnya ROM yang dipakai saat itu sudah berbahasa Indonesia dan ada Playstore-nya. Namun sayang, ROM tersebut banyak sekali iklan popup yang muncul saat konek ke jaringan internet, jadi tentunya sangat mengganggu sekali.

Untuk Flash Xiaomi MI4C ROM Global bahasa Indonesia plus Playstore harus sudah memenuhi dua syarat berikut ini;

  1. Xiaomi MI4C sudah unlock bootloader
  2. Xiaomi MI4C sudah terinstall TWRP

Kedua syarat tersebut sudah kami lakukan dengan lancar dan akhirnya Xiaomi Mi4C bisa menggunakan ROM Global berbahasa indoensia plus ada playstorenya tanpa muncul iklan popup lagi saat konek ke internet.

Namun saat itu kami coba iseng untuk masuk ke mode TWRP dan ternyata touchscreen menjadi tidak bisa disentuh, padahal sesaat setelah install TWRP touchscreen aman-aman saja dan bisa disentuh dengan bukti berhasil install Global ROM via TWRP. Ketika Xiaomi Mi4c nyala normal (tidak masuk ke mode TWRP) touchscreen lancar jaya alias norma-normal saja. Jadi tidak work-nya touchscreen pada saat Xiaomi Mi4c masuk mode TWRP untuk yang kedua kalinya, ketiga dan seterusnya.

Melihat kronologi yang ada, jelas bukan merupakan sebuah tanda-tanda touchscreen rusak, jadi kami lebih menitik beratkan pada masalah file recovery.img (file TWRP) itu sendiri yang bermasalah.

Nah, bagaiamana cara mengatasi atau Fix Mi4c TWRP Touchscreen Not Working. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Download dulu TWRP fix TS dari situs http://bit.ly/2n5K3vS, lalu ekstrak di folder adb yang sebelumnya digunkan untuk install TWRP.
  2. Masuk fastboot mode dengan cara menekan kedua tombol (power dan volume bawah)
  3. Konek Xiaomi Mi4c ke PC dengan kabel USB
  4. Sambil tekan dan tahan tombol shift, klik kanan pada folder adb lalu pilih open command window here.
  5. Ketik fastboot devices lalu entar, kemudian ketik fastboot flash recovery libra_ts_twrp.img lalu entar
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  7. Kemudian ketik fastboot boot libra_ts_twrp.img. Secara otomatis Xiaomi Mi4c kan restart dan masuk ke mode TWRP.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi Mi4c TWRP Touchscreen tidak berfungsi, berikut kami sertakan pnduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Jika TWRP Touchscreen (tidak berfungsi) tidak bisa disentuh, secara otomatis Xiaomi Mi4c tidak bisa dilakukan factory reset atau hard reset ataupun install file ZIP via TWRP.

MULYA July 19, 2017 at 3:23 pm

kalo untuk redmi 2 prime ekor 11 gimana bang
ini saya juga ngalamin pas di twrp tiba2 touchscreen mati
tolong dibantu

Yaniar Asmara July 19, 2017 at 9:16 pm

Mohon maaf, kami mengalami kasus yang sama namun blm sempat tahu cara fix-nya. tar kalo ada servisan tipe itu kita coba lagi cari solusinya

Comments on this entry are closed.