Cara Mengatasi PES2014 System Error

by aries on September 17, 2014

Setelah selesai install Windows 7, secara otomatis aplikasi atau game yang saya butuhkan hilang dan harus di install satu persatu. Game yang tidak ketinggalan untuk di install adalah PES 2014. Proses intalasi game ini sukses, namun saat saya akan memainkan game PES 2014 tersebut tidak bisa dan muncul pesan eror demikian;

pes2014.exe – System Error; The program can’t start because d3dx9_43.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

Saran dari pesan di atas (Try reinstalling the program to fix this problem) yakni meng-install ulang pes2014, saya lakukan, namun pesan eror yang sama masih saja muncul dan secara otomatis saya belum bisa menikmati game pes 2014. Sempat berfikir untuk install ulang windows 7 nya, namun hal ini tidak saya lakukan mengingat Windows 7 baru saja saya install.

Cara atasi DirectX Windows 7 Error

Setelah mencari beberapa referensi, akhirnya ketemu juga dan permasalahan tersebut bisa diatasi. Penasaran, berikut langkah-langkahnya;

  1. buka situs Microsoft, atau masuk ke link http://www.microsoft.com/en-us/download/
  2. setelah itu, ketikkan ‘DirectX End-User Runtime Web Installer’ tanpa tanda kutip dan paste di kolom Search pada situs tersebut lalu jangan lupa tekan enter
  3. setelah itu, klik ‘DirectX End-User Runtime Web Installer’ lalu klik Download
  4. Klik Next, pastikan checklist yang ada pada Microsoft Windows dan MSN default homepage dibuang.
  5. setelah itu, klik star download jika kamu menggunakan IDM
  6. setelah selesai download, install program tersebut dan ikuti pentunjuk yang ada. Pastikan komputer kamu masih terhubung ke internet, karena proses intalasi tersebut akan mendownload file dengan ektensi .dll dari situs Microsoft.
  7. setelah selesai, kamu bisa langsung mainkan game PES 2014 dan pesan eror tersebut sudah bisa diatas. Selamat mencoba.!
  8. kalau dengan cara ini masih belum berhasil, mari kita diskusikan pada kolom komentar yang telah disediakan. Jngan lupa sertakan screen shot dari eror yang ada.

Untuk mempermudah sekaligus sebagai bukti bahwa solusi ini bisa mengatasi eror pes 2014, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.