Cara Mengatasi Pesan Error Google Play Store Yang Sering Muncul PART 2

by Ummy Tsabit on September 3, 2015

Perlu kamu ketahui, sebenarnya pesan error yang muncul di Google Play Store tidaklah hanya satu atau dua pesan saja, karena bisa mencapai puluhan. Dan dari kesemuanya, rata-rata pesan tersebut menggunakan istilah kode angka, seperti Error 919, 914, 413, 194, 921, 403 dan masih banyak yang lain. Setelah kemarin kita membahas Cara Mengatasi Pesan Error Google Play Store Yang Sering Muncul PART 1, kini saatnya kami lanjtukan kembali membahas yang PART 2 sebagai berikut:

Google Play Store Error 919

Masalah : download aplikasi memang berhasil, namun tidak bisa dibuka saat sudah didownload.

Solusi : masalahnya sederhana, karena tidak ada ruang ladi pada smartphonemu. Untuk itu, hapus semua data yang tidak penting seperti musik, video, atau aplikasi yang besar.

Google Play Store Error 413

Masalah : tidak mungkin untuk mendownload atau melakukan updates aplikasi. Jika kamu menggunakan proxy, ingat bahwa hal itu yang mungkin menyebabkan masalah dengan pengoperasian dari Google Play Store.

Solusi : pada menu Setting, temukan opsi Apps / App manager, lalu pilih All. Gulir ke bawah pada Google Service, lalu tekan clear data dan force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store dan bersihkan cache dari browser internetmu.

Google Play Store Error 921

Masalah : kamu tidak bisa mendownload aplikasi

Solusi :

Coba hapus cache dari aplikasi Google Play Store. Jika tidak berhasil, hapus semua data aplikasi Play Store, namun perlu diperhatikan bahwa konsekuensinya hal ini akan menghapus semua setting yang sudah kamu buat. Sebagai percobaan terakhir, hapus akun Google, restart perangkatmu, lalu masuk ke Play Store sekali lagi.

Try deleting the cache of the Google Play Store application. If this doesn’t work, delete all the Play Store application data, but please be advised that this will consequently delete all the settings that you’ve already made. As a last resort, remove your Google account, restart the device and enter it again.

Google Play Store Error 403

Masalah : tidak mungkin untuk mendownload dan permintaanmu dilarang. Ini biasanya terjadi saat dua akun Google digunakan untuk membeli aplikasi atau game dalam satu perangkat.

Solusi : ada empat solusi yang bisa kamu gunakan.

Pertama, pergi ke Google Play Store dengan akun yang benar. Copot pemasangan (uninstall) aplikasi yang bersangkutan. Coba dapatkan aplikasi tersebut dari Google Play sekali lagi, dan klik tombol pembelian. Atau solusi kedua adalah, hapus proxy yang mungkin sudah kamu atur dengan cara pergi Setting > lalu pilih Wireless and Network/ More Nertwork, dan lalu pilih Mobile Network. Pilih APN, dan tekan Clear Proxy Option. Setelah itu, kamu bisa selalu mengatur lagi proxy nya. Solusi ketiga : coba buat akun Google baru dan gunakan sebagai ganti untuk Play Store. Pergi ke Google Play, dan pilih tombol menu sekali lagi. Lalu, pilih ‘accounts’ dan pilih akun Gmail terbarumu. Lalu instal ulang aplikasinya. Solusi ke 4 : hapus semua riwayat pencarianmu yang kamu lakukan di Play Store dengan memilih menu Setting. Lalu, pilih Claer Search History.

Google Play Store Error 923

Masalah : Download mustahil dilakukan. Terjadi kesalahan saat sinkronisasi akun Google atau cache memori tidak mencukupi.

Solusi : hapus akun Googlemu dan hapus juga aplikasi yang tidak digunakan dan memakan banyak tempat. Selanjutnya, reboot perangkatmu dalam mode recovery. Pilih ‘wipe cache partition’ dan hidupkan lagi ponselmu seperti biasanya. Jangan jhawatir, data pribadimu tidak akan terhapus. Atur kembali akun Googlemu sekali lagi.

Google Play Store Error 492

Masalah : tidak mungkin untuk menginstall aplikasi karena adanya cache Dalvik.

Solusi : didalam menu Setting, temukan opsi Apps, lalu p[ilih All dan gulir ke Google Service. Disini, pilih clear data dan force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store. Catatan : jika masalahnya belum bisa teratasi, cobalah untuk menghapus cache Dalvik. Untuk melakukannya, buka custom recovery mode (hanya untuk perangkat yang sudah di root). Solusi lainnya adalah dengan menyempurnakan penghapusan data/ factory reset. Opsi ini bisa diaplikasikan ke semua pengguna dan bisa dilakukan dalam recovery mode. Wasapdalah, hal ini akan menghapus semua datamu dan pastikan kamu sudah mem-backup semua data pentingmu.

Google Play Store Error 927

Masalah : download tidak mungkin dilakukan karena update dari Play Store sedang berlangsung.

Solusi : tunggu beberapa menit hingga Google Play Store sudah sepenuhnya di upgrade. Jika masalahny tetap muncul, pergi ke Setting > Apps > All > dan cari Google Service. Tekan clear data dan lalu force stop. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store.

Google Play Store install error Code 961

Masalah : terjadi gangguan saat menginstall aplikasi Android dari Play Store.

Solusi : pertama, minta ganti rugi dari Play Store, yang bisa kamu lakukan setelah 15 menit pembayaran. Untuk melakukannya, pilih opsi ‘repayment’ di Play Store. Selanjutnya, pergi ke Setting > Apps > geser ke kiri pilih All > Google Play, lalu pilih clear cache. Jika masih masalahnya belum hilang, lalu pilih pula clear data.

Dari semua keterangan diatas, kamu mungkin sudah bisa menduga bahwa ada cara standar untuk mengatasi beberapa pesan error dari Google Play Store. Dan  jika ada masalah lain yang muncul dan juga sama-sama menggunakan kode angka tertentu, maka kamu bisa mencoba mengatasinya dengan langkah yang sama. Namun, selalu hati-hati saat kamu menghapus datamu atau melakukan factory reset karena hal ini akan menghilangkan semua gambar, data, kontak, dan yang lainnya. Jadi, pastikan kamu sudah mem-back up semua datamu sebelumnya, entah itu dengan memindahnya ke PC, menyimpannya di layanan cloud, atau menggunakan aplikasi backup data terbaik untuk Android.

Comments on this entry are closed.