Cara mengatasi pesan error : “Insufficient storage available”

by aries on March 16, 2017

Kita tentu sering mendownload berbagai aplikasi atau game baru di Google Paly Store. Namun, apakah kamu pernah mengalami, ketika kamu merasa ruang di kartu SD mu masih tersisa banyak, namun Android menolak untuk men-download aplikasi karena muncul pesan error Insufficient storage available ?. jika iya, maka berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara mengatasi pesan error “ruang penyimpanan yang tersedia tidak cukup” :

Alasan munculnya pesan error

Pesan error ‘penyimpanan yang tersedia tidak cukup’ sering muncul jika kamu telah memindahkan sejumlah besar media dari penyimpanan fisik perangkat Android ke kartu microSD, dan disebabkan oleh cache yang tidak benar benar terhapus. Kamu dapat menghapus cache aplikasi dalam hitungan detik atau beberapa menit, tergantung pada seberapa buruk masalah yang ada pada perangkatmu.

Beberapa merek smartphone low end atau smartphone keluaran jaman dulu, hanya memiliki ruang penyimpanan 1 GB RAM, atau bahkan hanya 500 MB atau 720 MB. Itulah alasan mengapa jika kamu menggunakan aplikasi yang berat, atau beberapa aplikasi yang berbeda sekaligus, ponsel akan berjalan lambat. Dan jika kamu hendak menginstal lagi aplikasi baru akan muncul pesan error tersebut.

Membebaskan memori RAM

Tip yang baik adalah untuk mengawasi jumlah RAM yang dikonsumsi aplikasimu, dan kemudian menutup aplikasi yang tidak perlu terbuka secara terus-menerus. Untuk melihat informasi ini, pergilah ke menu pengaturan. Prosedur ini sangat sederhana semenjak update ke Marshmallow.

Hal lain yang bekerja untuk bisa membebaskan RAM adalah dengan menutup semua proses yang kamu miliki di background. Dari layar Home, cukup klik tombol persegi untuk melihat semua aplikasi yang terbuka yang menggunakan RAM. Dan kamu tinggal menutup aplikasi mana yang tidak kamu perlukan.

Membebaskan ruang penyimpanan

Banyak smartphone tidak memiliki ruang bebas yang sangat banyak untuk aplikasi karena sistem memakan begitu banyak ruang yang hanya beberapa byte masih tetap bebas. Penting untuk diingat bahwa meskipun telepon mengatakan ia hadir dengan memori internal 16, 32 atau 64 GB, kenyataannya adalah selalu kurang dari yang tertera.

Lalu bagaimana kamu bisa memecahkan masalah ini? Kamu cukup memilah-milah ruang penyimpanan internalmu. Hapus aplikasi-aplikasi serta file yang tidak terlalu penting, sudah lama tidak kamu buka, dan banyak memakan ruang penyimpanan. Jika kamu benar-benar ingin mempertahankan semuanya, maka pilih untuk memindahkan apa yang kamu bisa (seperti musik, film, foto, dokumen …) ke kartu SD mu. Untuk membuat lebih banyak ruang di memori internalmu, maka pikirkan tentang menggunakan solusi penyimpanan cloud(Google Drive, Dropbox dan lain-lain). Untuk musik, pikirkan tentang layanan musik streaming seperti Spotify.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat dapat dengan mudah memindahkan data ke kartu SD: cara untuk memiliki kebebasan total adalah root. Kamu juga dapat menghapus aplikasi bloatware (aplikasi bawaan ponsel).

Kadang-kadang, karena adanya partisi di memori internal, kadang-kadang tampak masih ada ruang yang tersedia, tetapi itu dicadangkan untuk file dan aplikasi yang dibutuhkan sistem untuk berfungsi. Hal terbaik adalah untuk tidak main-main dengan ruang ini karena dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari.

Kemudian, install aplikasi khusus pembersih cache (cache cleaner apps) untuk membebaskan lebih banyak ruang di memori ponselmu, seperti 1Tap Cleaner, atau kamu bisa secara manual menghapus cache aplikasi di ponselmu dengan pergi ke menu Setting > Apps > pilih aplikasi yang akan kamu hapus cachenya > klik ‘Clear Cache’.

Solusi terakhir yang tersisa untuk mengatasi pesan error ini adalah untuk mereset ulang perangkat ke pengaturan pabrik: Kamu akan mendapatkan kembali ruang penyimpanan dan kecepatan, tetapi konsekuensinya kamu akan kehilangan semua file pentingmu sehingga kamu harus membuat backup terlebih dulu.

Comments on this entry are closed.