Cara Mengatasi Pesan Error Saat Mengunduh Aplikasi di Play Store

by aries on February 9, 2015

Jika kamu menginginkan berbagai aplikasi menarik, Google Play Store hadir untuk menjembatani antara pihak pengembang (developer) dan pengguna untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Namun terkadang, terjadi gangguan atau permasalahan yang muncul di saat kamu hendak mengunduh salah satu aplikasi yang ada. Biasanya, masalah itu ditandai dengan munculnya pesan error yang disebabkan oleh beberapa hal yang sedang terjadi di seputar layanan Google. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini akan diulas beberapa tips untuk mengatasi pesan error yang muncul saat mengunduh aplikasi:

cara mengatasi pesan error saat mengunduh aplikasi

# Pesan “Error Processing Purchase DF-BPA-O9″ atau pesan”Error Processing Purchase DF-BPA-30”
Untuk mengatasinya, ada tiga cara berbeda yang bisa kamu pilih salah satunya. Sebenarnya, dengan menerapkan cara pertama saja sudah bisa berhasil. Namun, jika masih belum berhasil maka kamu bisa mencoba cara kedua dan ketiga.

  1. Masuk ke menu Setting > Application > All. Lalu gulir hingga menemukan Google Service Framework, dan tekan. Pada halaman Google Service Framework, pilih ‘Clear Data’, dan tekan OK.
  2. Masuk ke menu Settings > Application > All dan gulir kea rah Google Play Store. Pilih ‘Clear Cache’. Lakukan hal yang sama (membersihkan cache) pada menu Google Play Service.
  3. Hapus data akun Google Play Store dengan masuk ke menu Settings > Applications > Downloaded, lalu pilih Google Play Store dan tekan Clear Data dan Clear Cache. Setelah itu, daftarkan kembali (Log in) akun Google Play Store yang kamu miliki.

# Pesan “Error Retrieving Information From Server.[RPC:S-5:AEC-0]
Sebenarnya permasalahan ini langsung bias diatasi jika pengguna sudah meng-update OS Androidnya ke system 4.2 atau 4.3 (Jelly Bean). Jika pesan error ini muncul, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Cara pertama yang paling mudah adalah, dengan menghapus terlebih dulu akun Google yang kamu punya, lalu kemudian Log In lagi menggunakan akun lama tersebut. Caranya, masuk ke menu Settings > Accounts > Google. Tekan akun Google milikmu, lalu pada akun tersebut tekan tombol fisik Menu untuk menampilkan pilihan Remove Account, lalu tap pilihan ini untuk menghapus akun. Setelah itu, Log in kembali ke Google Play menggunakan akun Google milikmu.
  2. Jika kamu memasang lebih dari satu akun Google, maka hapus salah satu akun tersebut. Atau hapus dulu semua akun yang ada. Setelah semua terhapus, maka selanjutnya masukkan akun Google utama yang ingin kamu gunakan.
  3. Cara selanjutnya hampir sama dengan cara nomer dua di atas. Setelah semua proses selesai, masuk ke menu Settings > Apps > All. Bersihkan pilihan Clear Data pada Google Play Store, Google Service Framework, dan Download Manager. Restart kembali pada perangkatmu, lalu buka Google Play Store dan masukkan kembali (log in) akun Google.

Comments on this entry are closed.