Cara mengatasi “TOOL DL Image Fail, uboot is blocking by dl info”

by aries on September 3, 2015

Setelah smartphone Lenovo A859 mengalami bootloop gara-gara install custom rom, maka satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan flash Lenovo A859. Opsi ini saya pilih setelah melakukan hard reset Lenovo A859, namun tetap saja bootloop. Hanya stuck sampai di logo saja.

Saat proses flashing, saya mengalami masalah Error “PMT changed for the ROM”. Namun, hal ini bisa saya atasi dengan format EMMC. Setelah itu, proses flahsing berjalan lancar seperti pada umunya. Selesai flash dan sukses dengan ditandai notifikasi Download Ok lengkap dengan tanda centang berwarna hijau, saya pun langsung menghidupkan Lenovo A859 tersebut. Beberapa saat setelah saya tekan tombol power, Lenovo A859 nyala diikuti logo khas dari Lenovo. Namun, setelah itu Lenovo A859 langsung mati (bukan restart ya). Saya hidupkan lagi juga seperti itu terus.

Cara mengatasi TOOL DL Image Fail!. Uboot is blocked by dl info

Ada masalah apalagi ini ya? Pikir saya. Setelah bootloop, lalu muncul pesan error “PMT changed for the ROM”,  sekarang muncul pesan eror “TOOL DL Image Fail!. Uboot is blocked by dl info” padalah proses flashing  juga sukses [lihat gambar di atas.]

Langkah pertama saya flash ulang dengan memilih metode firmware upgrade, bukan download only seperti yang saya lakukan sebelumnya. Proses flashing Lenovo A859 berjalan lancar dan sukses. Namun sayang, pesan eror “TOOL DL Image Fail!. Uboot is blocked by dl info” tetap saja muncul setelah saya nyalakan HH-nya.

Nyerah deh..? Eits bukan tipe saya. Karena saya yakin banyak jalan menuju keberhasilan. Hahaha #lebay. 🙂 . Setelah mencari referensi, akhirnya ketemu juga cara mengatasi error “TOOL DL Image Fail!. Uboot is blocked by dl info”. Mau tahu solusinya, simak saja langkah-langkhnya berikut ini;

  1. Jika dalam proses flash Lenovo A859, kamu menggunakan SP Flashtool versi 3. Sebelum klik Download ataupun Firmware upgrade, centang dulu DA DL All With Check Sum.
  2. Jika dalam proses flash Lenovo A859, kamu menggunakan SP Flashtool versi 5 yang dicentang juga sama, yakni DA DL All With Check Sum. Hanya saja, tempatnya yang berbeda. Klik Options atau tekan CTRL + O, kemudian pilih Download. Disisi sebelah kanan, centang DA DL All With Check Sum tersebut.
  3. Setelah dicentang, baru kita klik Download baik dengan opsi download only ataupun firmware upgrade tidak masalah.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi eror “TOOL DL Image Fail! uboot is blocked by dl info” berikut ini saya sertakan pandaun berupa tutorial videonya.

Catatan: Pesan eror ini belum saya temukan untuk tipe selain HP Lenovo. Kok bisa demikian, saya juga belum tahu kenapa. Sesekali dicarikan kenapa ya..? masak saya terus yang cari solusinya. 🙂

Setelah melewati berbagai rintangan, akhirnya Lenovo A859 bisa kembali nyala seperti sedia kala. Namun sayang, ada lagi masalah yang muncul, yakni IMEI Lenovo A859 ini tidak terdeteksi atau invalid IMEI. Untuk mengatasinya, tunggu saja pada episode selanjutnya.

della yulantika September 22, 2015 at 12:14 pm

mas… lenovo tab saya juga mngalami tool dl image fail, tp saya bener2 gatau harus ngapain, gapunya software nya.. pertama2 saya harus ngapain ini mas? 🙁

Aris Ahmad September 22, 2015 at 11:54 pm

Download flash tool, lalu download firmware untuk lenovo tab-nya dan lakukan cara yang sama seperti tutorial ini. Beres kan..!!

ANDRIANTO November 5, 2015 at 6:40 pm

mas,saya mengucapkan banyak terimakasih, hp lenovo s920 saya hidup lagi,tadinya saya taruh di konter hp sudah seminggu gak bisa,lalu saya bawa pulang lg,trus browsing lg,akhirnya nemu juga,, trimakasih mas,, sekarang sudah hidup hp saya berkat tutorial di youtub punya si mas,, terimakasih,andri tambun selatan

japar November 9, 2015 at 12:02 pm

jooosssssssss

nana November 13, 2015 at 4:30 am

untuk imei tidak valid… gunakan mtk droid tool tes saya coba sukses

riki yusuf November 27, 2015 at 10:25 pm

Mas..saya mau cerita, saya mendapati HP lenovo a390 sudah saya coba Flash dengen SP_Flash Tool (dari awal smpe beberapa tutorial) yg saya coba, tidak membuahkan hasil, tetep saya Bootlop (Sampe Logo, restart aja terus menerus)…sbg catatan, ketika saya coba masuk menu dg cara (Power + Volume Down) yang harusnya ke “Recovery Mode” malah cm ada tulisan “recovery mode” tulisan tsb nampak di pojok kiri bawah. mohon solusinya bla menjumpai / mengetahui tutorial kasus sp ini.terimakasih,,semoga sehat sll

Aris Ahmad November 28, 2015 at 9:11 am

Untuk Mas Riki, bisa langsung hubungi kami via halaman kontak.
Thanks

alfaqih top November 30, 2015 at 10:55 pm

Alhamdulillah…! lenovo a516 sy nyala lg, tp imei nya tdk valid… tolong donk kumaha atuhh…?

Aris Ahmad December 1, 2015 at 11:47 pm

Sama seperti atasi Invalid IMEI pada Lenovo A316i

nicky December 3, 2015 at 6:00 pm

mas kan leno ane ga bisa konek ke pc saat hh mati.
trus cara jalanin tutor yg ente kasih gimana cara nya kalo hh ga bisa konek ke pc.
mohon pencerahannya mas.

Ummy Tsabit December 3, 2015 at 10:29 pm

Ada kemungkina driver MTK blm terinstall, atau sudah terinstall namun belum sukses. Install ulang, restart PC lalu coba lagi. Pastikan juga kabel USB dan port USB di komputer ataupun pada plugin charger hp normal.

Hunter-Zz December 6, 2015 at 4:24 pm

Holla..
Saya Sudah Buat sama Seperti Yang DiTunjukkan Pada Lenovo A850+ dan Lenovo A880 Namun Tetap Ada Dl image Fail..harap dapat bantuin saya yah..

Aris Ahmad December 6, 2015 at 10:50 pm

Coba ganti dengan SP Flash Tool Versi 5.

baba December 21, 2015 at 1:09 am

thks gan matur nuwun sanget

chiko December 26, 2015 at 8:40 pm

Folder target bin yg ada di youtube dapetnya dari mana y gan?

Aris Ahmad December 27, 2015 at 11:18 am

Dari folder firmwarenya

Paling yo sopo ngono December 28, 2015 at 9:57 pm

Maturnuwun mass top markotop 🙂

iwank January 17, 2016 at 2:04 pm

sama masalah di imei

Aris Ahmad January 21, 2016 at 2:33 pm

Itu bisa diatasi seperti HP lenovo pada umumnya, baca http://alltutorial.net/cara-mengatasi-invalid-imei-lenovo-a369i/

andikawardani January 18, 2016 at 5:14 pm

gan ada kga hasil backup a859 ?
soalnya hp saya pake firmware yg beda tetap aja error 4032 ?

Aris Ahmad January 21, 2016 at 2:17 pm

Coba tar saya gerilya dulu prelodernya.
Ingatkan kalo 3 hari blm ada kabar, suka lupa solanya. hehehe

andika wardani January 18, 2016 at 7:26 pm

assalamualikum .
gan ko saya selalu muncul error 4032 yah ? apa lantran kabel datanya gak cocok atau lantran firmwarenya yg gak cocok .tapi saya sudah download gan bnya firmware tapi gak bisa

Aris Ahmad January 21, 2016 at 2:15 pm

W. salam.
berarti preloadernya yang nggak cocok.
HP apa bos..?

angga January 30, 2016 at 5:04 pm

trimakasih banyak gan,.
berhasil,. sya doakan cepat naik haji,. sehat dan sukses slalu

Aris Ahmad February 4, 2016 at 1:23 pm

Alhamdulillah AMIN YA Robbal ‘Alamin..

Terima kasih

Lulus January 31, 2016 at 10:06 pm

Mas mhn bantuannya, sy pake lenovo tab yoga b6000 masalahnya sm dengan yg diatas namun setelah logo dibawah muncul => tool dl image failed ( saja ). untuk langkah2 flash apa sama dengan cara dg cr diatas atau beda ya, mhn bantuannya biar tablet sy kembali normal .. Terimakash

Aris Ahmad February 4, 2016 at 1:06 pm

Sama aja caranya bos..

Lenovo A889 February 2, 2016 at 3:56 pm

Thanks… cara ini banyak membantu.

nanang arief February 16, 2016 at 1:45 am

Makasih gan…hp saya hidup kembali….semoga sukses n tmbh rejeki…amin.

Aris Ahmad February 21, 2016 at 11:10 pm

Alhamdulillah, amin
Tengyu juragan

budi February 20, 2016 at 6:42 pm

hatur nuhun kang akhir nya lenovo s650 pasien ane sembuh…

bona March 1, 2016 at 8:38 pm

makasi banyak gan…

jakii najib March 2, 2016 at 7:05 am

Om punya saya persis sm kyk di atas,mskipun checksum DL LA di centang antivirus d matiin,ttep aja layar ga kluar lenovo (blank) tlong bntuannya

Terimakasih

Aris Ahmad March 5, 2016 at 8:15 pm

Coba lakukan dengan SP Flash Tool versi 5 (terbaru)

fahmi March 3, 2016 at 2:41 am

gan hp ane lenovo s960 pas proses flasing berhenti di 17/19 persen habis itu ada tulisan error 4008 . itu gimana cara ngatasi nya ya gan

Aris Ahmad March 3, 2016 at 11:38 pm

Batere ponsel yang habis , Kabel USB yang bermasalah

Solusi : Ganti versi Flash Tool (versi yang lama biasanya berhasil), charge dulu baterai ponsel kemudian ulangi proses flashing, ganti kabel USB.

alfi hernawan March 3, 2016 at 8:14 am

gan tanya nih HH lenovo sya kan hbis matot trus aku flas mnggunakan fp flash tool dn hsilnya lenovo316i bisa nyala tpi itu tdi knpa kok kluar dl image fail! dn tidak bisa masuk ke home screean pdhal masuk recovery sudah bisa.. trus sya flash lgi dngan mencentang da dl tpi usb gg bisa masuk ke pc di hh keluarnya malah icon baterai chss ya klo gni gmna mau jalan loading fp nya?? tolong invonya gan 🙂

Aris Ahmad March 3, 2016 at 11:41 pm

Coba ganti batre atau kabel USB-nya. Lalu flash ulang

Erni Septi March 5, 2016 at 9:54 pm

hallo gan, saya ikutin proses seperti step di atas buat lenovo s960 processing stuck di 19% dan keluar error message, mohon pencerahannya gan

Aris Ahmad March 7, 2016 at 11:07 pm

Erornya kaya gmn ya, kalau proses format stuck, besar kemungkinan terjadi kerusakan pada emmc-nya

Bima Artha March 6, 2016 at 4:13 pm

Makasih Banyak min

sadut March 11, 2016 at 10:21 pm

Muantaaafff……info yg sangat berguna, makasih gan sharing ilmunya

Comments on this entry are closed.