Cara Mengatasi “Valid workspace file not found at the path specified”

by aries on April 7, 2014

Setelah saya selesai install Windows XP sekaligus restore driver windows, secara otomatis semua program dalam komputer saya tidak ada dan harus install setiap program yang dibutuhkan. Salah satu program yang saya install adalah Corel Draw X3. Proses instalasi berjalan normal, hanya saja saat saya akan menggunakannya, coreldraw x3 gagal launching dan ada pesan eror “valid workspace file not found at the path specified”. Bagaimana solusi cara mengatasinya, simak langkah-langkahnya sebagai berikut;

Valid workspace file not found at the path specified pada coreldraw

1. Uninstall coreldraw x3

Langkah pertama yang saya ambil adalah uninstall coreldraw x3 dan membuang folder corel yang ada di program file. Kemudian install ulang coreldraw x3, proses instalasi ini juga berjalan lancar dan sukses, namun tetap saja pesan eror “valid workspace file not found at the path specified” muncul dan program coreldraw tidak bisa dibuka (langsung close dengan sendirinya).

2. Seting workspace file ke default

Jika dengan cara yang pertama masih gagal, coba pilih opsi yang kedua dengan mengembalikan workspace file ke posisi default. Caranya; buka coreldraw x3, saat coreldraw x3 launching, tekan dan tahan F8, maka akan muncul kotak dialog “Are you sure you want to overwrite the current workspace with the factory default?” tekan Yes dan tunggu prosesnya.

3. Install ulang dengan master coreldraw x3 baru

Jika dengan seting workspace masih gagal, berarti kamu harus download coreldraw x3 yang baru untuk kemudian di install pada komupter kamu. Ingat coreldraw yang sudah terpasang sebelumnya, kamu uninstall degan cara yang sama seperti opsi yang pertama tadi.

Pesan eror “valid workspace file not found at the path specified” muncul bisa dikarenakan adanya file registry pada windows yang terinfeksi virus. Berarti kalau ini memang yang terjadi, kamu harus scan dulu komputer dengan antivirus atau install ulang windows kamu. Namun hal ini tidak saya lakukan mengingat saya baru saja install ulang windowsnya sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas.

Selain file registry yang bermasalah, pesan eror “valid workspace file not found at the path specified” bisa disebabkan file dari coreldraw x3 itu sendiri yang korup. Makanya harus install dengan master coreldraw yang baru sebagaimana yang saya lakukan pada opsi ke tiga dan ini berhasil.

Rekomendasi: lakukan dulu opsi-opsi di atas secara beruturutan, karena setiap permasalahan berbeda-beda. Jadi jangan langsung memilih opsi ke tiga, kecuali kamu yakin permasalahan yang terjadi sama seperti yang saya alami.

Untuk mempermudah tentang tips atasi eror “valid workspace file not found at the path specified” pada coreldraw x3, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

Mohammad Teddy December 4, 2015 at 10:45 am

Terimakasih broo…sgt membantu..hmpir sj harddisk sy format …broo…

Aris Ahmad December 4, 2015 at 8:17 pm

Sama-sama juragan..

Comments on this entry are closed.