Cara Mengatasi Web Mercusuar

by aries on May 2, 2017

Kemarin tepatnya tanggal 1 Mei 2017 jam 5 sore, situs alltutorial.net mengalami gangguan server sehingga tidak bisa diakses. Beberapa user, kontak kami langsung baik via sosmed atau komen di akun Youtube alltutorial.net menanykan terkait hal tersebut.

Saat itu juga saya kontak webhosting-nya, namun sayang tidak bisa dihubungi (nomor tidak ada satupun yang aktif). Tidak ada yang bisa saya lakukan kecuali hanya menunggu dan mengunggu. Dan sesekali saya coba akses alltutorial.net, eh malah halaman diarahkan ke mercusuar.uzone.id.  Namun ketika diakses menggunakan provider selain dari Telkom speedy halaman tidak bisa diakses alias tidak diarahkan ke sana. Lengkap sudah rasa kecewa ini, kecewa dengan penyedia layanan hosting dan juga kecewa dengan mercusuar.info yang mengganggu.

Slidik punya slidik, ternyata pengarahan ke halaman mercusuar.uzone.id hanya berlaku untuk pengguna internet dari Telkom speedy. Maksud dan tujuannya baik, membantu Netter agar tidak ‘tersesat’ untuk kemudian diarahkan ke halaman milik Telkom yang ternyata di sana menampilkan iklan.

Yang saya keberatan kenapa mesti diarakan ke halaman yang ada iklannya. Apa pikir saya nggak bayar biaya speedy, kok sepertinya mencoba meraih keuntungan dengan cara yang kurang etis. Dan ternyata tidak hanya saya saja yang kecewa, di Google juga sudah banyak yang mengeluh terkait pengalihan ke halaman mercusuar.uzone.id. Pantes saja kemarin website Telkomsel yang merupakan anak dari Telkom diretas terkait biaya paket internet yang dirasa mahal. (Sebenarnya peretasan ini gak ada kaitannya dengan mercusuar, hehehe)

OK, saya sudahi keluh kesah saya karena hal ini tidak akan membuat Telkom merubah kebijakan yang sudah sangat ‘menguntungkan’ bagi mereka. Oleh karena itu, saya akan memberikan solusi bagiamana supaya halaman situs tidak lagi mengarah ke halaman mercusuar.uzone.id.

Sebelum menjelaskan step-stepnya, perlu saya infokan situs alltutorial.net mulai jam 2 siang tadi sudah kembali normal. Hanya saja ketika diakses dengan Telkom speedy masih mengarah ke mercususar. Untuk itu, cara mengatasinya adalah sebagai berikut;

Clear Cache DNS

Metode yang paling sederhana kita terpakan dulu dengan menghapus cache DNS dengan cara, klik tombol start Windows, lalu ketik CMD di kolom pencarian. Setelah ketemu, buka CMD tersebut dan ketik ipconfig /flushdns lalu enter.

Langkah selanjutnya coba buka situs agan yang dulunya mengarahkan ke halaman mercusuar. Jika masih sama, coba clear cache dan cookies pada browser agan, lalu coba ulangi lagi untuk akses situsnya. Jika masih sama, coba lakukan cara alternatif berikut ini.

Melakukan Temporary URL di PC

Perlu diketahui, melakukan temporary URL hanya berlaku untuk PC lokal saja. Jadi besar kemungkinan situs agan masih diarahkan ke halaman mercusuar jika diakses dengan PC lain. Tapi setidaknya dengan menggunakan trik temporary URL ini tidak perlu waktu lama untuk menuggu proses lookup DNS. Oke langsung saja berikut langkah-langkahnya;

  1. Masuk ke Windows – System32 – drivers – etc.
  2. Silahkan edit file host dengan memasukkan “alamat ip spasi domain” agan. Contoh;

    219.83.122.167 domainagan.com
    219.83.122.167 www.domainagan.com

  1. Setelah itu, klik Exit dan jangan lupa Save.
  2. Clear cache dan cookies pada browser agan, lalu coba akses situs agan.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi web mercusuar, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

vpn gratis October 27, 2017 at 4:00 pm

Thanks atas sharingnya.

Yup, ane juga sering banget mengalami masalah kayak gitu. Tiba-tiba pas ngeklik situs yg dituju malah munculnya si mercusuar.

Ane pribadi sih lebih gunain aplikasi vpn biar makin lancar jaya.

Comments on this entry are closed.