Cara Mengatasi WiFi NVRAM WARNING: Err = 0x10

by aries on November 19, 2015

Setelah melakukan upgrade system Android melalui SP Flash Tool ataupun install custom rom via CWM, TWRP dkk, terkadang Android MTK mengalami masalah “NVRAM WARNING: Err = 0x10” saat  WIFI pada Android tersebut di aktifkan. Selain pesan eror “NVRAM WARNING: Err = 0x10” yang muncul, biasanya hal ini juga disertai dengan invalid IMEI atau IMEI tidak valid. Untuk itu, penting melakukan backup IMIE & NVRAM terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade firmware ataupun install custom rom.

Cara Mengatasi WiFi NVRAM WARNING: Err = 0x10

Memang sih pesan eror “NVRAM WARNING: Err = 0x10” ini tidak sepenuhnya mengganggu, artinya wifi masih tetap dioperasikan. Akan tetapi terkadang saat kita terhubung ke internet melalu jaringan wifi maka koneksinya tiba-tiba akan terputus, bahkan Android bisa hang.

Jika hal ini sudah terlanjur terjadi pada Android milikmu dan kamu tidak punya file backup dari NVRAM, maka untuk mengatasinya adalah dengan mengganti file tertentu secara manual. Berikut langkah-langkah cara mengatasi WiFi “NVRAM WARNING: Err = 0x10” di Android;

  1. Pastikan Android yang mengalami masalah NVRAM WARNING: Err = 0x10 sudah di root terlebih dahulu. Jika belum, Anda bisa me-root dengan KingoRoot
  2. Aplikasi Root Explorer.apk yang bisa kamu download dari Playstore
  3. File WiFi Error Fix yang bisa kamu download dari situs http://bit.ly/1OFOyB1
  4. Ekstrak file WiFi Error Fix lalu taruh di SD Card
  5. Buka root explorer, lalu masuk ke file system – data/nvram/APCFG/APRDEB
  6. Di sana adu dua file yang bernama WIFI dan WIFI_CUSTOM.
  7. Hapus kedua file tersebut
  8. Masih dengan aplikasi root Explorer, pilih SDCard – cari dua file hasil ekstrak dari file WiFi Error Fix.
  9. Copy atau cut kedua file tersebut dan paste di sytem – data/nvram/APCFG/APRDEB.
  10. Setelah itu, restart HP.
  11. Coba nyalakan WiFi dan pesan eror “NVRAM WARNING: Err = 0x10” sudah pasti tidak akan muncul lagi.
  12. Jika ternyata pesan eror masih saja muncul, coba lakukan hard reset atau factory reset dan ulangi lagi langkah-langkah di atas.

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi eror WiFi “NVRAM WARNING: Err = 0x10” di Android, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Comments on this entry are closed.