Cara Mengatasi Xiaomi Mi4c Matot, Lampu Led Berkedip

by aries on December 19, 2016

Beberapa hari yang lalu masuk servisan Xiaomi Mi4c matot, menurut pengakuan user Xiaomi Mi4c matot gara-gara habis di root. Entah benar atau tidak, tapi setahu saya kalau hanya gara-gara root nggak sampai bisa separah itu (jadi matot). Kalau menurut saya, mungkin dia coba unlock bootloader Xiaomi Mi4c namun gagal hingga jadi matot.

cara mengatasi Xiaomi Mi4c matot, lampu led berkedip

Apapun alasannya, yang terpenting sekarang adalah soluisnya. Yang bisa bikin tersenyum adalah masih ada harapan ketika Xiaomi Mi4c matot tersebut saya konek ke PC terdeteksi 9008. Akhirnya saya lakukan flash dengan MiFlash. Di tengah proses flash muncul pesan error “Not enough storage is available to process this command”  yang sekilas memberikan pengertian bahwa EMMC dari Xiaomi Mi4c tersebut sudah penuh sehingga tidak bisa diprogram ulang (di flash).

Setelah proses flash macet, akhirnya saya lepakan kabel USB kemudian akan saya flash ulang. Tapi sayang Xiaomi Mi4c matot sudah benar-benar tidak terdektsi oleh PC. Ketika dicolikin ke PC sambil tekan power, hanya lampu led saja yang berkedip-kedip, begitu juga ketika saya cas. Saya coba ganti PC yang satunya tetap saja tidak terdeteksi.

Mungkin saja baterai habis (kataku dalam hati) akhirnya saya coba cas sekitar 30 menit, Xiaomi Mi4c tetap tidak nyala dan hanya lampu led saja yang terus berkedip. Dicolokin ke PC sama saja tidak terdeteksi.

Harapan untuk hidup Xiaomi Mi4c semakin tipis mengingat tidak lagi terdeteksi oleh PC, akhirnya saya coba gooling permasalahan lampu LED berkedip terus tapi HP tetep matot (ditekan power tetap tidak nyala).

Setelah cukup lama gooling, akhirnya ketemu juga cara mengatasi Xiaomi Mi4c matot, lampu led berkedip merah. Penasaran, berikut langkah-langkahnya;

  1. Bongkar dulu HP-nya dengan melepas casing bagian belakang, setelah itu coba lepaskan kabel flexibel baterai yang menancap di board.
  2. Dalam keadaan seperti itu, coba cas Xiaomi Mi4c matot tersebut. Secara otomatis Xiaomi Mi4c akan nayala dengan muncul logo khas MI.
  3. Kemudian, sambil tetap dicas kita pasang lagi kabel flexibel bateri di board

Untuk mempermudah tentang cara mengatasi Xiaomi Mi4c matot lampu led kedip-kedip saat dicas, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan:

Entah kebetulan atau tidak, yang jelas dengan cara ini Xiaomi Mi4c bisa kembali nyala tanpa harus dilakukan flash. Padahal sebelumnya matot namun masih terdeteksi 9008 di PC.

Sedangkan terkait flash eror yang saya sebutkan di atas (Not enough storage), hal ini disebabkan proses flash menggunakan Windows 32Bit. Jadi yang benar ketika Xiaomi Mi4c matot dan masih terdetksi 9008 flash dengan windows 64Bit.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment