Cara Mengatur Volume Default Untuk Aplikasi Tertentu

by Ummy Tsabit on February 6, 2016

Apakah kamu pernah mengalami, kamu sedang asyik mendengarkan lagu favorit kesukaanmu dalam volume penuh, namun selang beberapa waktu kamu ingin beralih untuk bermain game. Pasti kini gamenya memiliki suara yang sangat mengganggu dan terus berulang bukan? Sehingga, kamu musti menurunkan volumenya secara manual menggunakan tombol volume. Kini, kamu tak perlu lagi repot-repot melakukan hal tersebut. Kamu sebenarnya bisa mengatur tugas ini secara otomatis. Atau lebih tepatnya, kamu bisa mengatur volume default untuk tiap aplikasi tertentu. Bahkan, kamu masih bisa tetap menikmati lagu sambil terus bermain game dengan posisi volume game 0, sehingga kamu tidak akan merasa terganggu. Dengan cara ini, kamu tak perlu lagi mengubah-ubah volume setiap kali ingin membuka atau berganti aplikasi tertentu. Berikut ini akan kami ulas cara untuk mengatur volume masing-masing aplikasi Android dengan menggunakan dua cara yang berbeda :

Mengatur volume default aplikasi menggunakan App Volume Control

Jadi, cara pertama adalah dengan melakukannya melalui bantuan aplikasi Android yang memang ditujukan untuk tugas ini. App Volume Control adalah aplikasi Android  yang akan bekerja layaknya volume manager untuk aplikasi Android. Kamu bisa mengatur volume default untuk sebuah aplikasi ketika ia terbuka dan mengubah volumenya ketika telah tertutup.

Dan yang menarik, kamu tidak hanya akan mendapatkan kendali atas volume suatu aplikasi saja, namun juga kendali atas Ringtone, Alarm, Notifikasi, dan Volume System. Berikut adalah cara mengatur volume aplikasi dengan App Volume Control :

  • Download dan instal aplikasi App Volume Control di Google Play Store secara gratis.
  • Beri izin aksesibilitas pada aplikasi, karena akan mengobservasi aksimu seperti membuka dan menutup aplikasi.
  • Setelah kamu memberikan izin, kamu kini bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu atur volume defaultnya. Cukup tap pada nama aplikasinya dan pada layar selanjutnya kamu akan menemukan dua tabulasi, yakni When Start dan When Close. Di tabulasi pertama (when start), kamu akan mengatur volume yang akan berubah ketika kamu membuka aplikasi. Dan di tabulasi ke dua (When Close), kamu akan mengatur volume yang akan berubah ketika kamu menutup aplikasinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur volume untuk alarm, notifikasi, dan dering panggilan masuk. Di bagian When Close, kamu bisa juga tetap membiarkan defaultnya ke Restore Old Volume. Kamu pun bisa memperingatkan dirimu dengan toast atau getaran ketika volumenya telah berubah.

Mengatur volume default menggunakan Tasker

Metode kedua ini dikhususkan bagi para pengguna yang berpengalaman. Disini, kita akan menggunakan Tasker untuk memicu perubahan volume ketika sebuah aplikasi tertentu terbuka. Namun perlu kamu catat, Tasker adalah aplikasi yang berbayar. Namun jika kamu ingin mencoba terlebih duklu kinerjanya, kamu bisa memilih yang versi 7 Day Trial. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pada aplikasi Tasker, pilih terlebih dulu aplikasi yang ingin kamu atur volumenya. Lalu buat “ New Task”yang akan dilaksanakan ketika aplikasinya terbuka dan kemudian tambahkan “Exit Task” ketika aplikasinya tertutup.
  • Setelah itu, mulai dengan memilih aplikasi dan menambahkan New Task. Untuk itu, kamu harus menambahkan tasknya dengan cara menekan tombol “+” yang ada dibagian bawah. Kamu akan mendapatkan daftar setting yang bisa kamu buat tasknya. Misalnya saja, jika kamu ingin mengatur volume Google Play, maka pilihlah Audio dan pada layar selanjutnya pilih Media Volume.
  • Disini, kamu bisa mengatur volume yang kamu inginkan.
  • Setelah New Task, kini giliran kamu untuk mengatur Exit Task. Caranya, kembali lahi ke Profile, lalu tekan yang lama pada opsi Task dan pilih Exit Task. Sekarang, di Exit Task kamu juga harus melalui proses audio setting yang sama. Namun sebagai ganti Media Volume, atur System Volume. Karena, media volume tidak akan bekerja saat aplikasinya tertutup. System volume akan beraksi untuk proses background music player.

Namun jangan lupa bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk Music Player. Jika kamu ingin mengatur volume default untuk game atau aplikasi yang lain, maka kamu tidak perlu lagi mengatur Exit Task. Karena volume akan secara otomatis dikembalikan ke volume yang normal.

Comments on this entry are closed.