Cara Mengecek Ruang Penyimpanan Android

by Ummy Tsabit on February 10, 2016

Memang, memiliki ponsel Android dengan kapasitas memori internal 16 GB kedengaranyya sudah cukup lumayan besar, namun setelah kamu memotrte banyak foto, mensinkronisasikan semua koleksi musik, dan mendownload berbagai aplikasi, game, dan bahkan audiobook, maka ha l itu semua bisa segera memenuhi memori internalmu dengan cepat. Dengan begitu banyaknya file di perangkatmu, lalu bagaimana bisa kamu menerka-nerka file yang mana saja yang paling menghabiskan banyak ruang memori? Untuk mengetahui hal tersebut, maka berikut ini akan kami ulas tentang cara menganalisa ruang penyimpanan ponsel Androidmu ;

#1. Melihat penggunaan ruang memori menggunakan menu Setting

Ada sebuah opsi di menu Setting Android yang menyediakanmu beberapa informasi dasar tentang penggunaan ruang memorimu, sehingga kamu bisa menganalisa ruang penyimpanannya tanpa harus menginstal aplikasi pihak ke tiga. Untuk mengakses setingan tersebut, maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Sapu ke bawah laci notifikasi untuk mengakses ke pusat notifikasi, lalu sapu ke bawah lagi pada bagian pusat notifikasi untuk mengakses layar “Quick Setting”. Lalu tekan ikon “Setting” yang berupa roda bergerigi yang ada di pojok kanan atas.
  • Pada bagian “Device”, tekan opsi “Storage & USB”. Namun untuk beberapa jenis perangkat seperti Samsung misalnya, maka letaknya di bawah bagian “System”.
  • Lalu layar “Internal Storage” akan muncul. Jumlah ruang yang sudah digunakan dan total ruang yang tersedia, akan ditampilkan di bagian atas layar. Jumlah ruang yang digunakan untuk “Apps”, “Images”, “Videos”, dan “Audio” akan ditampilkan dibawahnya. Kamu bisa menekan pada tiap kategori untuk mendapatkan informasi yang lebih detil.
  • Catatan : Jika perangkatmu memiliki kartu SD eksternal, maka informasi mengenai micro SD akan ditampilkan setelah daftar openggunaan memori internal.
  • Misalnya saja kamu men-tap pada “Apps”, maka kamu akan melihat aplikasi mana saja yang paling menghabiskan ruang memori. Aplikasinya akan diurutkan mulai dari yang paling banyak memakan memori hingga yang paling sedikit. Jika ada aplikasi yang boros memori namun sudah jarang kamu gunakan lagi, maka ada baiknya jika kamu mencopot pemasangannya saja (uninstal).
  • Untuk mengurutkan daftar berdasarkan nama, tekan tombol menu (berpa ikon tiga titik vertikal) di sudut kanan atas layar dan pilih “Sort by Name“.
  • Saat melihat “Images” dari layar “Internal Storage”, kamu tidak hanya dapat mengurutkan file dan folder menggunakan menu sort saja, tetapi kamu juga dapat beralih di antara tampilan dalam bentuk List dan Grid menggunakan tampilan menu (tiga titik vertikal ).

#2. Cara melihat penggunaan ruang memori yang lebih detil menggunakan Device Storage Analyzer

Sebenarnya, setingan “Storage & USB” sudah cukup memberikan informasi demi tujuanmu tersebut, namun masih ada opsi lain yang menyediakan representasi grafis yang lebih mendetil dari ruang penyimpanan ponselmu. Aplikasi “Storage Analyzer & Disk Usage” merupakan salah satu pilihan yang populer yang gratis, yang akan memungkinkanmu untuk melihat informasi penggunaan disk, baik untuk penyimpanan internal maupun eksternal perangkatmu.

aplikasi drives analyzer

  • Untuk menginstal aplikasinya, kamu bisa mencarinya di Play Store, lalu tekan “Install”.
  • Setelah terinstal, ikon bernama “Drives” akan muncul di Home Screen ponselmu. Tap ikon tersebut untuk membuka aplikasinya.
  • Tampilan tabulasi “Device Storage” akan menampilkan “External Storage”, yang sebenarnya adalah internal storage, bukan penyimpanan External SD card. Maka dari itu, untuk melihat informasi tentang penyimpanan SD card eksternal, maka tap pada ikon “extSdCard” yang ada di bagian kanan jika dalam mode landscape, atau berada di atas dalam mode portrait.
  • Representasi grafis dari SD card eksternal di perangkatmu akan muncul.
  • Tabulasi “Device’s Storages” hanya akan memungkinkanmu untuk melihat representasi keseluruhan pada internal dan eksternal storage. Untuk mendapatkan informasi lebih, pertama-tama pilihlah dulu bagian drive mana yang ingin kamu cari tahu lebih detil informasinya pada tabulasi “Device’s Storages”, lalu pilih tabulasi “File Categories”. Tekan setiap grup dalam daftar yang ada di bagian kiri untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang file jenis tersebut pada drive yang sudah terseleksi.
  • Ketika kamu men-tap grup “Portable Network Graphic” misalnya, maka semua file “.png” di internal storage akan keluar. Kamu bisa mengurutkan filenya dengan berbagai cara berbeda dengan mentap ikon tanda +di bagian pojok kanan bawah, lalu tekan ikon “Sort”.
  • Pada kotak dialog yang muncul, tap opsi untuk mengurutkan filenya.
  • Kamu juga bisa melihat lebih banyak informasi dengan cara men-tap ikon Info di bagian kanan nama file, dengan melihat tanggal file tersebut.
  • Informasi tambahan mengenai file, termasuk ukuran, akan tampil pada sebuah kotak di bagian atas layar. Jika filenya berupa gambar, maka akan tampil di bagian bawah kotak. Jika kamu ingin menghapus file ini, maka hal ini juga bisa dilakukan di layar ini dengan cara men-tap ikon menu (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas layar lalu pilih “Delete”. Kamu juga bisa membuka file tersebut dari menu ini.
  • Alternatif lain, kamu juga bisa menghapus filenya dengan cara menekan dan menahan jarimu diatas file hingga muncul opsi di bagian pojok kiri bawah layar. Tap tombol “Delete” untuk menghapus filenya. Kamu juga bisa memilih dan menghapus beberapa file sekaligus, cukup dengan menekan dan menahan pada setiap file untuk memilih file yang akan dihapus.

Comments on this entry are closed.