Cara mengetahui foto asli atau palsu

by aries on June 9, 2014

Mengingat semakin maraknya foto palsu yang beredar luas di internet, kita harus jeli dalam menentukan apakah foto tersebut asli atau palsu. Apalagi jika foto tersebut ada kaitannya dengan masalah hukum. Cara paling mudah untuk mendeteksi apakah foto tersebut asli, palsu atau sudah mengalami editing (foto editan) adalah menggunakan sistem properties windows xp ataupun windows 7.

Namun, sebelum kita melanjutkan pembahasan ini, sebaikanya ketahui dulu kriteria foto yang akan saya bagi menjadi 3 jenis.

Cara mengetahui foto asli atau palsu

  1. foto asli: adalah sebuah foto murni hasil bidikan dari kamera, baik kamera smartphone, ponsel, ataupun kamera digital.
  2. semi asli: foto asli yang sudah mengalami perubahan ukuran. Jadi foto ini hanya sedikit berbeda dengan ukuran aslinya, mungkin sudah di crop ataupun dirubah ukuran fotonya, baik perubahan itu dari segi panjang & lebarnya atau salah satu dari keduanya. Baca; Cara merubah ukuran foto sesuai kebutuhan.
  3. foto palsu: sebuah foto yang yang telah dimanipulasi atau dimodofikasi dari foto aslinya menggunakan software tertentu, misalnya coreldraw, photoshop, paint dan software pengolah image lainnya.

Dengan menggunakan system properties file pada Windows 7 ataupun Windows XP, kita bisa tahu apakah foto tersebut asli atau foto editan.

Windows XP

Sebagai contoh, kita cek sebuah foto untuk mengetahui keabsahannya. Untuk WindowsXP caranya; klik kanan foto – properties – summary – advanced. Jika di sana yang ditampilkan adalah meta data secara lengkap, seperti width, height, horizontal resolution, vertical resolution, bit depth, frame count, equipment make, camera model, date picture taken dan lainnya maka bisa dipastikan foto tersebut 100 persen asli.

Jika di sana meta data tidak lengkap, hanya menampilkan width, height, horizontal resolution, vertical resolution, bit depth, frame count saja maka foto tersebut memiliki dua kemungkinan, semi asli atau foto palsu. Nah untuk menentukan kepastian foto tersebut tidak cukup hanya dengan mengecek system properties file tadi. Diperlukan analisa lebih dalam lagi, baik analisa secara visual ataupun dengan menggunakan software pengolah gambar. Dan ini tidak akan saya bahas disini, mengingat analisanya begitu detail. Tapi setidaknya, dengan menggunakan system properties file kita bisa tahu keaslian dari foto.

Windows 7

Sedangkan untuk Windows 7; klik kanan foto – properties – detail. Jika disana terdapat meta data lengkap seperti date taken, camera maker, camera model, dan lain sebagainya maka bisa dipastikan foto tersebut asli. Jika data tersebut kosong, mungkin hanya ada width, heght, horizontal resolution, vertical resolution foto ini berarti memiliki dua kemungkinan seperti penjelasan di atas.

Comments on this entry are closed.