Cara Mengetahui SKU Asus Zenfone 5

by aries on October 22, 2016

Sudah sangat maklum jika kita akan melakukan flashing selain membutuhkan tool juga membutuhkan yang namanya file firmware. Firmware merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena kalau kita tidak jeli dalam memilih firmware bisa-bisa Android yang akan kita flash malah jadi matot karena salah file firmware.

SKU Zenfone 5

Semakin banyaknya brand Android yang memiliki product name yang hampir mirip juga semakin menambah kita bingung. Sebut saja Asus Zenofe 5 yang memiliki jenis firmware yang berbeda-beda sesuai dengan mangsa pasar yang jadi tujuannya. Seperti Asus Zenfone 5 SKU TW (artinya Zenfone 5 yang dikeluarkan untuk Taiwan), SKU WW (artinya Zenfone 5 yang dikeluarkan untuk pasar global), SKU CN (artinya Zenfone 5 yang dikeluarkan untuk pasar Cina) dan SKU-SKU yang lain.

Perbedaan SKU inilah yang membuat firmwarenya juga berbeda. Jadi kalau salah pilih firmware bisa berakibat fatal. Lalu bagaimana cara mengetahui SKU Asus Zenfone 5? Berikut langkah-langkahnya;

Jika Asus Zenfone 5 masih hidup (tidak bootlop)

  1. Pilih Setting atau Pengaturan – About atau tentang ponsel – Software information – Build number atau Nomor bentukan.
  2. Lihat keterangan gambar di atas!

Jika Asus Zenfone 5 Bootloop

Jika Asus Zenfone 5 mengalami bootloop, secara otomatis kita tidak bisa mengetahui Nomor bentukannya seperti cara di atas. Lalu bagiamana caranya? Berikut langkah-langkahnya?

  1. Asus Zenfone 5 dalam keadaan Off, tekan tombol power dan volume atas. Setelah muncul logo asus, lepasakn hanya tombol power saja. Volume up tetap tahan sampai berhasil masuk ke dorid boot.
  2. Setelah berhasil masuk ke droid boot, tekan tombol volume bawah untuk memilih recovery. Lalu tekan tombol power untuk konfirmasi.
  3. Asus Zenfone 5 akan restart dan muncul logo asus kemudian dilanjut dengan notifikasi tidak ada perintah.
  4. Selanjutnya tekan dan tahan tombol volume bawah, lalu tekan sekali saja tombol volume atas. Secara otomatis akan masuk ke system Android recovery yang disana akan tersedian versi SKU-nya.

Untuk yang bootloop ini, proses awal sama persis seperti cara hard reset Asus Zenfone 5, di mana proses tersebut juga harus masuk sampai menuju Android system recovery.

Jika Asus Zenfone 5 matot

Untuk Asus Zenfone 5 yang matot alias tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali, saya belum tahu trik atau caranya bagaimana mengetahui jenis SKU-nya. Mungkin dari agan-agan ada yang tahu, silahkan langsung saja komen di form yang telah disediakan.

Catatan: Meskipun untuk tipe selain Zenfone 5 belum saya coba, tapi saya yakin untuk mengetahui SKU kurang lebih caranya sama seperti cara diatas.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment