Cara Mengetahui Tipe Xiaomi via Fastboot

by aries on August 29, 2017

Salah satu produk smartphone yang lumayan membuat bingung menentukan tipe-nya adalah Xiaomi. Bagimana tidak, semua produk Xioami tidak ada keterangan apapun di casing, tutup belakang bahkan keterangan dibalik batre (untuk xiomi yang menggunakan batre removable). Untuk Xioami yang mengunakan baterai non removale juga akan semakin membuat bingung, apalagi kalau stiker dibagian casing belakang sudah terlepas.

Beda dengan smartphone lain, sebagai contoh adalah Samsung. setiap smartphone Samsung sudah menyertakan keterangan tipe dibalik batre. Untuk yang menggunakan baterai tanam bisa dilihat dengan masuk ke odin mode atau masuk ke recovery untuk mengetahui tipenya. Kalau Xioami tidak bisa dilakukan demikian (masuk ke mode recovery), karena disana tidak da keterangan apapun yang menjelasakan terkait tipe-nya.

Dengan mengetahui tipe HP Xioami tentu akan menjadi kunci sukses saat melakukan flashing, hal ini tentu terkait dengan pemilihan firmware yang tepat. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui tipe Xiaomi via fastboot. Berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Download MiFlash 2016 64 bit dari http://bit.ly/2vvVoW4 untuk Windows 64 Bit atau MiFlash terbaru versi beta dari http://bit.ly/2wEztRH. Jangan lupa install MiFlash tersebut.
  2. ADB fastboot download dari http://bit.ly/2etwVfL, lalu ekstrak di drive C. ADB Fastboot ini sekedar alternatif saja.
  3. Download list device and code name Xioami dari http://bit.ly/2iHTUqM

Cara Mengetahui Tipe Xiaomi via Fastboot

  1. Masuk fastboot mode. Caranya; HP Xiomi dalam keadaan mati tekan dan tahan kedua tombol (power dan volume bawah) sampai muncul gambar lengkap dengan tulisan fastboot.
  2. Konek HP ke PC dengan kabel USB
  3. Buka folder C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android
  4. Sambil tekan dan tahan tombol shift, klik kanan pada folder Android, lalu pilih Open command windows here.
  5. Cara No. 4 dan 5 bisa diganti dengan membuka folder adb fastboot yang sudah kita ekstrak di drive C tadi.
  6. Ketik Fastboot devices [lalu enter]
  7. Jika HP xiaomi sudah terbaca oleh PC maka akan muncul device pada bagian bawah
  8. Selanjutya ketik fastboot getvar product [lalu enter] maka akan muncul jenis produk name-nya, misalnya land, ido, kenzo, dan lain sebagainya.
  9. Selanjutnya, kita tinggal lihat list device and code name yang sudah kita download tadi.
  10. Setelah kita mengetahui tipe Xiaomi, selanjutnya kita tinggal download firmware-nya dari situs resminya di http://en.miui.com/a-234.html

Untuk mempermudah tentang cara mengetahui tipe Xiaomi via fastboot, berikut ini kami sertkan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Untuk mengetahui tipe Xiaomi tidak hanya dari fastboot saja, namun bisa dengan melihat nomor modelnya. Terkait hal ini akan kami jelaskan pada sesi berikutnya.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment