Cara Menggabungkan Video Dengan Movie Maker

by aries on September 17, 2013

Video musik atau video klip yang kita download tentunya bermacam-macam dan pastinya tidak dalam satu file video saja, bisa dua, tiga atau bahkan lebih. Nah, jika kamu ingin menggabungkan video yang terpisah-pisah tersebut dalam satu file, kamu bisa menggunakan movie maker yang merupakan video editing paling mudah dan sederhana sebagaimana videopad video editor.

Cara menggabungkan video

Untuk mempermudah cara menggabungkan video dengan movie maker, saya akan memberikan contoh menggabungkan dua video. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka movie maker
  2. Pilih Tasks lalu klik Import video untuk memasukkan dua video yang akan digabungkan.
  3. Jika proses import telah selesai, akan ditandai dengan munculnya beberapa thumbnail yang merupakan  potongan-potongan dari video yang di impor tadi.
  4. Pilih Collections, lalu klik video 1, maka akan muncul beberapa thumbnails video sebagaimana penjelasan di atas.
  5. Klik thumbnail video yang pertama, lalu kedua, ketiga dan seterusnya secara berurutan. Ingat, setiap memilih video tersebut sambil ditekan Ctrl pada keyboard kamu. Cara yang lebih praktis, klik salah satu thumbnail video, lalu tekan Ctrl + A.
  6. Setelah itu, drag semua video di timeline.
  7. Kembali ke Collections lagi, sekarang pilih video yang kedua. Lakukan cara yang sama. Kemudian di drag ke timeline di sisi kanan video yang pertama; berarti menjadikan video ini urutan yang kedua, atau di sisi kiri; berarti menjadikan video ini di uratan yang pertama.
  8. Kamu bisa klik play, untuk melihat preview hasil video tersebut.
  9. Jika sudah oke, klik File lalu pilih Save movie file, lalu pilih My computer untuk menyimpan hasil video tersebut di komputer kamu, atau Recordable CD untuk menyimpan video tersebut dalam kepingan VCD.
  10. Setelah itu, pilih Next, kasih nama video tersebut.
  11. Pilih Browse untuk menentukan drive tempat penyimpanan video.
  12. Yang terakhir klik Ok, dan tunggu proses penggabungan video tersebut selesai

Bagaimana, mudah kan cara menggabungkan video dengan movie maker ini, semudah menggabungkan video dengan videopad. Apalagi tutorial ini saya sertakan panduan video seperti di atas..

Irfan April 26, 2014 at 10:09 pm

mntep mas. dan videony jawa banget logatny

Aris Ahmad April 26, 2014 at 10:40 pm

Iya mas, saya kan sodaranya Letto, yo pastine wong JOWO lah.. 🙂

landy May 16, 2014 at 10:04 am

nice info mas,
boleh bantu untuk bikin tutorial menggabungkan 2 video menjadi 1 frame, kurang lebih hasilnya seperti melihat 1 video bersamaan dengan 1 video lainnya contohnya seperti ini youtu.be/bb_ZA-dPqzE
apakah bisa menggunakan windows movie maker?
atau ada rekomen aplikasi lain?
thanks

Aris Ahmad May 16, 2014 at 11:18 am
Fitri Melani August 20, 2014 at 2:11 am

Bang Klo Video Dengan Movie Meker Tuh Harus Di Download Apa Udh ada Di Windows 7 ? solusinya dong, Soalnya Di Windows 7 Saya Kga Ada 🙁

Aris Ahmad August 20, 2014 at 5:33 am
herman October 17, 2014 at 8:14 pm

mantap…………………..abis

riza October 20, 2014 at 8:31 pm

kok ngesavenya sering gagal ya, itu knp gan?

Aris Ahmad October 21, 2014 at 1:16 pm

Adakah pesan eror yang ditampilkan gan..?

rey December 3, 2014 at 2:33 am

thanks gan ilmunya sangat membantu ane ^^

tya December 29, 2014 at 9:44 am

mas kok saya pas videonya di drag ke timeline, lalu diplay. videonya tidak muncul, hanya audionya saja yg ke play. itu kenapa ya mas? pas saya save movie file, katanya cannot complete the save movie wizard. tlg bantuannya mas

Aris Ahmad December 31, 2014 at 7:24 am

Saya sendiri masih bingung untuk menjawab pertanyaan ini. Saya belum pernah mengalaminya. Kalo boleh, coba saya lihat komputer tya dan saya jalankan via TeamViewer. Ato tya ulangi cara membuat videonya, pastikan ikuti panduan yang ada. bila perlu lihat video tutorialnya. Thanks..

Dika December 23, 2015 at 12:22 pm

gan ngpa setelah digabung, gambarnya beruba menjadi kabur gan..

Aris Ahmad December 26, 2015 at 4:03 pm

Resolusi kurang gede, jadi gambar pecah. atau ada efek blur sehingga gambar kabur. untuk lebih mudahnya, ulangi lagi tutoialnya elan-epaln saja bikinnya gan..

Comments on this entry are closed.